Segera Hadir? Fitur Upvote Playlist di YouTube Music!

Segera Hadir? Fitur Upvote Playlist di YouTube Music!
Sumber :
  • digitalmusicnews

GadgetYouTube Music tak mau ketinggalan dari para pesaingnya! Platform streaming musik milik Google ini terpantau sedang mengembangkan fitur upvote playlist. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menilai dan memberikan "suka" pada playlist favorit mereka, alih-alih hanya menyimpannya.

OnePlus Watch 2R: Bodi Aluminium, Layar AMOLED 1,43" & Wear OS

Menariknya, YouTube Music menawarkan pendekatan yang lebih fleksibel dibandingkan Spotify. Dulu, Spotify memang memiliki fitur upvote playlist, namun saat ini sudah dihapus dan diganti dengan hitungan "disimpan".

Dikutip dari Passionategeekz (12/6/2024), fitur upvote playlist ditemukan tersimpan di kode sumber update terbaru YouTube Music versi 7.05.52 untuk Android. Salah satu kode yang ditemukan bertuliskan "playlist_voting_collaborators_only". Kode ini mengindikasikan bahwa YouTube Music akan memberikan kontrol lebih kepada kreator playlist terkait siapa saja yang bisa melakukan upvote.

Kreator playlist nantinya bisa memilih tiga opsi:

  • Semua Orang: Semua pengguna YouTube Music dapat memberikan upvote pada playlist.
  • Kolaborator Saja: Hanya pengguna yang ditambahkan sebagai kolaborator pada playlist tertentu yang bisa melakukan upvote.
  • Tidak Ada: Fitur upvote dinonaktifkan untuk playlist tersebut.
Cara Mudah Download Video YouTube Jadi MP3: Nikmati Musik Favoritmu Offline!

Belum ada informasi resmi kapan fitur ini akan tersedia untuk semua pengguna. Namun, kemunculan kode sumber terkait upvote di update terbaru menjadi indikasi bahwa peluncuran fitur ini bisa terjadi sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Kehadiran fitur upvote playlist ini diyakini akan bermanfaat dalam mengukur popularitas playlist di YouTube Music. Saat ini, platform tersebut belum memiliki parameter khusus untuk menilai popularitas playlist. Pengguna hanya bisa melihat jumlah like pada individual lagu di dalam playlist, yang kurang efektif untuk menilai keseluruhan playlist.

Halaman Selanjutnya
img_title
Temukan Musik Lebih Mudah dengan Fitur AI Ask for Music di YouTube Music!