Rumor Kehadiran Jaringan 6G: Apakah Kecepatannya Seperti Starlink?

Rumor Kehadiran Jaringan 6G: Apakah Kecepatannya Seperti Starlink?
Sumber :
  • Istimewa

Gadget – Kehadiran jaringan 6G di Indonesia bukan lagi sekadar rumor. Namun, untuk mewujudkan jaringan internet 6G di tanah air, Indonesia masih harus mengatasi sejumlah tantangan. Lalu, apa saja keunggulan dari jaringan 6G ini?

Smartphone Bakal Semakin Canggih, MediaTek Rilis Chipset Baru, SoC Dimensity 9300+

Sebagaimana pernah dibahas oleh Okezone Techno, jaringan 6G menawarkan kecepatan dan efisiensi yang jauh lebih baik dibandingkan jaringan sebelumnya, termasuk 5G yang saat ini masih belum merata di Indonesia.

Dengan kemajuan zaman, kebutuhan akan internet cepat semakin krusial. Perkembangan kecerdasan buatan (AI), jumlah perangkat yang terhubung dalam ekosistem, perangkat Internet of Things (IoT), hingga kendaraan otonom, semuanya bergantung pada kecepatan dan stabilitas konektivitas internet.

Mengapa 6G?

Haylou RS5: Smartwacth Inovatif untuk Gaya Hidup Aktif, Hanya 600 Ribuan!

Inilah yang mendorong banyak produsen elektronik seperti Apple, Samsung, Huawei, Nokia, Xiaomi, dan lainnya, terus berinovasi menuju jaringan 6G. Sejumlah negara seperti Amerika Serikat, China, Jepang, Korea Selatan, dan Singapura diperkirakan akan mulai menggunakan jaringan ini pada 2030.

Bahkan, Korea Selatan cukup percaya diri untuk meluncurkan jaringan 6G pada tahun 2028. Tujuannya adalah memperkuat rantai pasokan jaringan dan perangkat lunak.

Xiaomi Berjaya di Posisi Kedua Pasar Smartphone Indonesia

Pada awal 2023, Kementerian Ilmu Pengetahuan dan TIK Korea Selatan sedang melakukan studi kelayakan untuk proyek penelitian dan pengembangan teknologi inti 6G senilai Rp730 miliar. Proyek ini juga bertujuan mendorong perusahaan-perusahaan lokal untuk memproduksi bahan, suku cadang, dan peralatan guna mendukung teknologi 6G di dalam negeri.

Halaman Selanjutnya
img_title