5 Inovasi Telkomsel di 2022 untuk Dukung Ekonomi Digital Indonesia

Telkomsel Siaga 2022
Telkomsel Siaga 2022
Sumber :
  • Telkomsel

Gadget – Berdasarkan laporan e-Conomy SEA 2022 yang disampaikan Google, Temasek, dan Baik & Company, nilai ekonomi digital Indonesia diperkirakan mencapai sekitar US$77 miliar pada 2022, meningkat 22% dari tahun sebelumnya. Hal ini mengacu pada gross merchandise value (GMV) atau nilai penjualan kotor barang dan jasa selama periode tertentu.

Dari total angka tersebut, sektor e-commerce memiliki kontribusi tersebut dengan nilai estimasi mencapai U$$59 miliar, kemudian disusul dengan sektor ekonomi digital lainnya seperti jasa transportasi dan food delivery, pemesanan tiket perjalanan, dan media online dengan masing-masing GMV di bawah US$10 miliar.

Operator telekomunikasi sebagai salah satu tulang punggung dalam transformasi digital di Indonesia tentunya harus terus melakukan berbagai inovasi dalam mendukung kebutuhan masyarakat akan solusi digital yang memberikan manfaat dalam berbagai lini kehidupan di era kekinian. Salah satunya adalah Telkomsel yang peranannya sebagai connectivity enabler tidak bisa dipandang sebelah mata.

Dalam mendukung pemanfaatan platform digital pada masyarakat, Telkomsel telah melakukan berbagai inovasi di sepanjang tahun 2022. Inilah deretan inovasi-inovasi yang telah dihadirkan:

1. Migrasi dari 3G ke 4G

 

Bundling smartphone 4G Samsung, Blibli dan Telkomsel

Bundling smartphone 4G Samsung, Blibli dan Telkomsel

Photo :
  • Telkomsel

 

Telkomsel melakukan pengalihan jaringan 3G ke 4G di sejumlah wilayah di Indonesia secara bertahap dan terukur mulai 8 Februari 2022. Tentu bukan tanpa alasan Telkomsel mematikan jaringan 3G. Hal ini didorong oleh komitmen untuk menghadirkan pengalaman terbaik bagi pelanggannya untuk mengakses internet dengan kecepatan yang stabil dan maksimal dengan jaringan 4G.

Hingga kuartal 3 2022 setidaknya Telkomsel sudah memiliki 260.000 BTS yang sebagian besar sudah terhubung teknologi broadband 4G untuk melayani lebih dari 159 juta pelanggan . Di samping itu, operator ini juga terus menggenjot layanan komersial 5G secara bertahap dan terukur di beberapa kota besar.

2. Mendirikan INDICO

Melalui PT Telkomsel Ekosistem Digital, Telkomsel menghadirkan INDICO, pada 10 Maret 2022, sebagai anak persahaan yang akan menjadi holding compay bagi bisnis vertikal di sektor digital. Perusahaan ini hadir dengan komitmen untuk mengakselerasikan terbukanya lebih banyak peluang serta kemudahan inovasi dalam pemanfaatan teknologi digital terknini yang akan memperkuat ekosistem dan industri digital Indonesia.

Kehadiran INDICO dimaknai sebagai bagian dari semangat PT Telkomsel Ekosistem Digital untuk memperkuat identitas perusahaan sebagai penggerak perubahan yang akan mendorong hadirnya lebih banyak layanan digital yang inovatif.

Perusahaan ini juga akan mengakselerasikan lahirnya beragam potensi talenta digital berdedikasi yang akan mengedepankan kolaboarasi bersama startup lintas sektor Tanah Air, para investor, maupun pemangku kepentingan lainnya diindustri digital yang dihadapkan bisa memberikan dampak signifikasi dalam penguatan perekonomian digital bangsa.

3. Mendukung Gelaran NEX-BE Fest 2022