Jangan Bingung, Ini Perbedaan Sinyal 2G, 3G, 4G dan 5G

Ilustrasi tower sinyal handphone
Sumber :
  • Unsplash

Gadget – Sinyal seluler atau jaringan seluler merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke jaringan internet atau menerima panggilan dan pesan. Sinyal seluler memiliki beberapa jenis yang berbeda, yaitu 2G, 3G, 4G, dan 5G.

Oppo Reno 7 5G: Punya Kamera Seperti DSLR, Kini Turun Harga Drastis Sehabis Lebaran 2024!

Masing-masing sinyal memiliki kecepatan, kualitas, dan fitur yang berbeda. Pada artikel ini, kita akan membahas secara lebih mendalam tentang perbedaan antara sinyal 2G, 3G, 4G, dan 5G.

Perbedaan sinyal 2G, 3G, 4G, dan 5G

ilustrasi tower sinyal handphone

Photo :
  • Unsplash
Ciptakan Playlist Impian dengan Fitur AI Playlist Spotify

Sinyal seluler atau jaringan seluler adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke jaringan internet atau menerima panggilan dan pesan. Ada beberapa jenis sinyal seluler yang berbeda, yaitu 2G, 3G, 4G, dan 5G. Berikut perbedaan antara sinyal 2G, 3G, 4G, dan 5G:

Sinyal 2G (Second Generation)

Sinyal 2G adalah teknologi seluler pertama yang dikembangkan pada awal tahun 1990-an. Sinyal 2G menggunakan sinyal digital dan merupakan generasi pertama dari teknologi seluler.

Gara-gara Galaxy S24 Series, Samsung Jadi Raja Lagi

Kecepatan data pada sinyal 2G relatif lambat, hanya sekitar 14 kbps hingga 114 kbps. Sinyal 2G terutama digunakan untuk panggilan suara dan pesan singkat (SMS), dengan kualitas suara yang jelas dan koneksi yang stabil.

Sinyal 2G menggunakan dua teknologi utama, yaitu Global System for Mobile Communications (GSM) dan Code Division Multiple Access (CDMA).

Halaman Selanjutnya
img_title