Perusahaan Internet Elon Musk Starlink Belum Dapat Ijin di RI

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi
Sumber :
  • Kominfo

Gadget –  Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menegaskan sikap Pemerintah Indonesia yang belum memberikan izin untuk Starlink menjadi penyelenggara telekomunikasi di Indonesia adalah untuk menjaga kedaulatan data nasional.

Mark Zuckerberg Melampaui Posisi Elon Musk di 5 Orang Terkaya Dunia

Menurutnya Starlink besutan pengusaha AS Elon Musk itu masih belum mencapai kesepakatan untuk tunduk pada aturan menggunakan IP Address Indonesia.

"Masalahnya Starlink masuk ke sini itu soal kedaulatan data kita, bukan urusan negara lain. Pokoknya selama IP address-nya ada di Indonesia, kita oke. Kalau IP address-nya gak ada di Indonesia ntar kontrolnya gimana? Itu saja," kata Budi di Jakarta, Kamis malam.

Cara Langganan Internet Starlink di Indonesia, Ini Harganya

Budi menegaskan tak ada sangkut paut antara untuk perizinan Starlink di Indonesia dan keputusan personal Elon Musk yang mendukung Israel dalam konflik antara Israel dan Palestina.

Ia dengan tegas menyatakan alasan Starlink belum bisa mengantongi izin murni karena perusahaan asal AS itu belum bersedia mengikuti regulasi yang berlaku di Indonesia.

Kolaborasi Tesla dengan Apple Watch

"Itu kan sikapnya di luar negeri. Enggak ada hubungannya. Kami pokoknya konsisten dengan cara berpikir dan bertindak untuk melindungi kedaulatan nasional kita gitu loh, bahwa IP address-nya harus di Indonesia," tegas Budi.

Adapun informasi mengenai Starlink yang ingin beroperasi di Indonesia sudah bergulir sejak September 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title