Sukses Uji Coba! Satelit Satria 1 Segera Beraksi di Langit Indonesia pada Januari 2024

Satelit Republik Indonesia 1 (Satria-1) meluncur ke luar angkasa.
Sumber :
  • VIVA.co.id

Gadget - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kemenkominfo berhasil melakukan uji coba penuh semangat dengan Satelit Republik Indonesia 1 alias Satria 1 beberapa waktu lalu.

Cara Langganan Internet Starlink di Indonesia, Ini Harganya

Kepala Divisi Satelit Bakti Kominfo, Sri Sanggrama Aradea, menyampaikan kepuasannya dengan hasil uji coba Satria 1 di enam lokasi strategis, termasuk Kota Manokwari, Kota Jayapura, Kota Ambon, Kota Batam, Kota Kupang, dan Kota Banjarbaru.

Dalam suasana yang penuh semangat, Aradea menjelaskan bahwa hasil uji coba menunjukkan kecepatan uplink 3 Mbps dan downlink 10 Mbps.

Twitter Dipanggil Kominfo Terkait Iklan Judi Online Dengan Nikita Mirzani

Ini merupakan pencapaian ideal untuk Satria 1, yang dirancang khusus untuk melayani wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (wilayah 3T), seperti pendidikan dan layanan pemerintahan.

"Satria 1 memiliki cakupan seluruh wilayah Indonesia, namun fokusnya adalah menyediakan jaringan internet berkualitas untuk wilayah yang membutuhkan, seperti sekolah dan layanan pemerintahan," ungkapnya dengan semangat.

SpaceX Berhasil Pesan Teks dari Ponsel ke Satelit, Pertama Dalam Sejarah

Aradea optimistis bahwa Satelit Satria 1 akan resmi beroperasi di Indonesia pada awal Januari 2024.

Pihak Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kemenkominfo (BAKTI Kominfo) akan memasuki tahap akhir dalam waktu dekat sebelum memberikan akses internet di wilayah 3T.

Halaman Selanjutnya
img_title