Pemerintah Berencana Wujudkan Kecepatan Internet 100Mbps, Mungkinkah Terwujud

Pemerintah Berencana Wujudkan Kecepatan Internet 100Mbps, Mungkinkah Terwujud
Sumber :
  • eraspace

Gadget – Rencana Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk mengatur penyedia layanan internet dengan minimal kecepatan 100Mbps menjadi topik hangat yang menimbulkan pertanyaan besar di masyarakat.

Xiaomi 14 Ultra Dapatkan Update Boost Mobile Data, Bikin Kecepatan Internet Hingga 5Gbps dengan 5.5G

Namun, apakah realistis untuk diterapkan di Indonesia? Kemenkominfo bersama operator seluler dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tengah mempertimbangkan kembali rencana tersebut.

Rencana Ambisius Meningkatkan Kecepatan Internet

Menteri Kominfo, Budi Arie Setiadi, menyampaikan niatnya untuk meningkatkan kecepatan internet di Indonesia agar dapat bersaing dengan negara-negara lain.

Top 5 Provider WiFi Rumahan Terbaik & Tercepat di Indonesia: Solusi Koneksi Cepat untuk Keluarga!

Sebagai langkah awal, Kemenkominfo berencana menyediakan minimal kecepatan internet sebesar 100Mbps. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kemenkominfo, Wayan Toni Supriyanto, menjelaskan bahwa tujuan utama Menteri adalah agar kecepatan internet Indonesia dapat mengungguli negara-negara lain.

Realitas Kecepatan Internet 100Mbps

Indra Maulana, Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Ditjen PP, menjelaskan bahwa rencana ini bisa dianggap realistis, namun dengan catatan khusus. Kecepatan 100Mbps mungkin sudah umum di kota besar, tetapi hal ini mungkin tidak sama di daerah yang lebih terpencil.

Halaman Selanjutnya
img_title
XL Axiata Jaga Kualitas Jaringan Selama Pemilu 2024 dan Perayaan Imlek