Deretan 12 Kekuatan Militer Terbesar Negara Mayoritas Muslim di Dunia

Kekuatan Militer Terbesar Negara Muslim di Dunia
Sumber :
  • alarabiya.net

Gadget – Dunia Muslim terbentang luas dari Afrika Barat hingga Asia Tenggara. Meskipun terdiri dari berbagai etnis dan budaya, negara-negara ini bersatu dalam beberapa organisasi ekstra-regional, salah satunya adalah Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang memiliki 57 anggota.

Daftar 12 Kekuatan Militer Terbesar Negara Mayoritas Muslim di Dunia

Seiring dengan konflik yang berlangsung di berbagai wilayah seperti Irak, Libya, Suriah, dan Yaman, serta masalah keamanan di Afghanistan, Mesir, dan Palestina, militer negara-negara ini harus beradaptasi dengan berbagai jenis perang, baik konvensional maupun asimetris. Dalam beberapa kasus, mereka bahkan harus kembali mempelajari taktik perang konvensional setelah lama tidak aktif.

Arab Saudi menjadi pembelanja militer terbesar di antara negara-negara mayoritas Muslim. Pada tahun 2017, Riyadh menduduki posisi ketiga dalam anggaran pertahanan dunia, menurut Bank Dunia.

Redmi Note 13 Pro Turun Harga 300Ribu: Sang Jawara Performa dan Kamera 200MP di Kelas Mid-Range

Namun, anggaran pertahanan hanyalah satu aspek dari kekuatan militer. Indeks Global Firepower (GFP) menilai kekuatan militer berdasarkan berbagai faktor, termasuk kualitas persenjataan, jangkauan rudal, pelatihan, aliansi, sumber daya manusia, dan kapasitas industri pertahanan lokal.

Berikut adalah daftar 12 negara mayoritas Muslim dengan kekuatan militer terbesar di dunia :

12. Uni Emirat Arab

Simak 3 Fakta Menarik Mees Hilgers, Bek Andalan Baru Timnas Indonesia

Uni Emirat Arab (UEA) memiliki 64.000 personel militer aktif dengan anggaran sebesar $14,37 miliar pada tahun 2017. Meskipun militer UEA relatif kecil, mereka telah mengasah kemampuan tempur mereka melalui pengalaman di Afghanistan, Libya, dan Yaman. UEA juga dikenal dengan ketergantungannya pada tentara bayaran dari Amerika Latin dan Eritrea, yang menambah kekuatan militernya.

Halaman Selanjutnya
img_title