Iklan Jepang dengan “Aktris AI” Timbulkan Kontroversi di Tengah Pemogokan Pekerja Kreatif

Iklan Jepang dengan Aktris AI Timbulkan Kontroversi
Sumber :
  • Youtube.com / @itoenjapan

Gadget – Penggunaan kecerdasan buatan (AI) di berbagai telah menjadi hal yang umum, namun tetap menjadi topik . Pemanfaatan “aktris AI” baru-baru ini oleh sebuah perusahaan Jepang untuk teh botol telah memulai diskusi mengenai etika dalam mempekerjakan bakat non-manusia.

10 Top Token AI dan Big Data Project Wajib Pantau di Halving Bitcoin 2024

iklan tersebut, seorang wanita yang tampaknya lebih tua namun aktif dengan rambut beruban melompat dengan gembira ke arah layar sambil memegang sebotol teh. Saat dia membawa botolnya ke layar, kalimat, “Mulailah masa depanmu sekarang,” tersampaikan. Saat dia mengangkat botolnya, wanita itu berubah menjadi versi dirinya yang lebih muda, atau lebih tepatnya, masa kini.

Amerika. Yuki Saruwatari, seorang jurnalis film Jepang yang tinggal di LA, menulis bahwa ia “sangat terkejut melihat iklan dari Ito En di Jepang yang menampilkan bakat AI, bukan aktor manusia.” Saruwatari mempertanyakan apakah pesan iklan Ito En tidak dapat disampaikan secara efektif dengan menggunakan aktor manusia. Ia juga menyebutkan bahwa banyak perusahaan yang mengadopsi penggunaan AI melakukan hal tersebut untuk menghemat uang, dan pemanfaatan teknologi tersebut kemungkinan besar akan menimbulkan ancaman bagi para pelakunya di masa depan.

ChatGPT Kini Lebih Cerdas dan Cepat, Tapi Hanya untuk Pengguna Berbayar

industri anime dan film, juga telah menyatakan keinginan kuat untuk peraturan hukum mengenai penggunaan teknologi tersebut.