Wamenkominfo Nezar Patria : Ajak Orang Tua Manfaatkan AI Jaga Anak di Ruang Digital

Wamenkominfo : Nezar Patria
Sumber :
  • Kominfo

Gadget – Di era digital, anak-anak semakin terpapar pada berbagai informasi dan konten secara intensif. Wakil Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika, Nezar Patria, mengajak semua pihak untuk melindungi anak-anak agar tidak menjadi korban dari pelaku kejahatan di ruang digital.

Apple: Safari Akan Mendapatkan Fitur AI Tahun Ini

" Ancaman-ancaman penggunaan internet bagi anak-anak di dunia maya itu cukup banyak," ujarnya ketika membuka Seri Diskusi Publik Kecerdasan Buatan (AI) dengan tema AI for Child Online Protection di Jakarta Selatan, Senin (20/11/2023).

Berdasarkan data UNICEF tahun 2023, terdapat 175.000 anak yang menjadi pengguna baru internet setiap hari atau satu anak setiap detik.

Microsoft Investasi Rp25 Triliun, Apa Keuntungan Buat Indonesia!

"Di Indonesia sendiri, sekitar 30 juta anak menjadi pengguna internet," ungkap Wamenkominfo.

Jumlah pengguna internet yang tinggi pada usia anak membawa ancaman dan risiko besar, seperti paparan konten negatif, perundungan siber (), bahaya kebocoran data anak, hingga Child Sexual Abuse Material. Oleh karena itu, Wamen Nezar Patria mendorong semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap niat jahat.

Ini yang Paling Jauh, Fitur Edit AI di Huawei Pura 70 Bisa Menghilangkan Pakaian

Dalam pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI), Wamenkominfo menegaskan pentingnya filter dan moderasi konten secara otomatis untuk menangani konten negatif.

"AI dapat digunakan untuk mendeteksi cyberbullying melalui upaya pengamanan dan deteksi pola perilaku pelaku cyberbullying, serta mengidentifikasi pelaku kekerasan online melalui deteksi perilaku di ruang digital," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title