Menkominfo: Indonesia Beralih ke Siaran TV Digital 100%, Analog Tidak Tersedia Lagi di 2024

TV Analog
Sumber :
  • Kominfo

Gadget - Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, mengumumkan bahwa saat ini tidak ada lagi siaran TV analog di Indonesia. Seluruh penyiaran telah beralih ke siaran digital. Pemerintah pun menegaskan bahwa program Digital Broadcasting System (DBS) akan diimplementasikan pada tahun 2024 mendatang.

3 Rekomendasi Smart TV Terjangkau dengan Fitur Premium Hanya 1 Jutaan!

"TV digital ini sebuah keniscayaan. Jadi, sekarang semuanya mengarah pada TV digital.

Maka dari itu, digitalisasi harus dieksekusi sebagai media penyiaran dan broadcasting agar mendapatkan serta melihat gambar suara, serta audio visual yang lebih baik," kata Budi usai meninjau Stasiun Transmisi atau Pemancar Digital Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia Alasmalang, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (17/11/2023).

Smart TV LED + T2 Roomi 50 Inci: Hiburan Berkualitas Tanpa Batas, Harga Terjangkau!

Budi Arie menekankan bahwa digitalisasi perlu terus didorong untuk meningkatkan kualitas acara dan tampilan TVRI agar dapat dinikmati oleh seluruh warga Indonesia.

"Proyek kita untuk TVRI disebut dengan Digital Broadcasting Project. Sistem tersebut untuk meningkatkan kualitas siaran Lembaga Penyiaran Publik milik pemerintah khususnya siaran digital, dan merupakan bentuk bantuan dari Pemerintah Prancis," ujarnya.

5 Rekomendasi Smart TV 32 Inci Hanya 1 Jutaan Saja!

Menkominfo menilai TVRI berperan penting dalam mewujudkan visi menjadi lembaga penyiaran yang memberdayakan masyarakat, karena slogannya menjadi media pemersatu bangsa.

"Berdasarkan data yang saya miliki, Gen-Z mengakses media sosial dengan rerata 6 jam sehari, luar biasa. Jadi, sebagai ekosistem kita harus menyatukan langkah agar kehadiran setiap media itu bisa membuat masyarakat menjadi lebih bersemangat, bersatu dan juga produktif dengan digitalisasi," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title