Ancaman Serius! Aplikasi Keyboard iPhone Disusupi Hacker untuk Mata-matai Pengguna

Ilustrasi iphone diretas
Sumber :
  • fortune

Gadget – Baru-baru ini, dunia dihebohkan dengan laporan yang mengungkap bahwa aplikasi keyboard pada iPhone telah menjadi sarana bagi penjahat untuk memata-matai aktivitas penggunanya.

WhatsApp Luncurkan Fitur Autentikasi Passkey Untuk Pengguna iOS

Perusahaan keamanan, Certo Software, melaporkan bahwa keyboard pihak ketiga, didistribusikan oleh hacker sebagai 'stalkerware,' menjadi ancaman serius. Stalkerware merupakan aplikasi atau layanan spyware yang digunakan untuk memantau dan menguntit orang secara online.

Gadgets 360 melaporkan pada Sabtu (9/12/2023) bahwa keyboard ini memiliki kemampuan untuk mengumpulkan pesan terkirim, kata sandi, riwayat penelusuran, kredensial bank, dan teks lain yang masuk ke perangkat. Data yang berhasil diambil oleh pihak jahat dapat diakses melalui portal web.

Bocoran Terbaru iPad Air 2024, Pakai Teknologi Layar Baru agar Harga Makin Terjangkau

Meskipun setiap aplikasi yang didistribusikan melalui App Store melewati pemeriksaan ketat oleh Apple, keyboard pihak ketiga ini berhasil dipasang melalui cara yang memungkinkan pengembang menguji aplikasi mereka di iOS.

Certo Software mencatat bahwa peretas menggunakan TestFlight untuk mendistribusikan keyboard pihak ketiga ini kepada korban.

Aplikasi iOS Mood.camera Menghadirkan Pengalaman Fotografi Analog

Setelah pengguna memasang keyboard ini, kemungkinan besar mereka akan melakukan beberapa pengaturan untuk mengaktifkannya di iPhone. Saat itulah, peretas akan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengumpulkan data pengguna.

Tangkapan layar dari salah satu keyboard yang dibagikan oleh Certo Software menunjukkan betapa miripnya keyboard berbahaya tersebut dengan keyboard bawaan Apple, sehingga sulit bagi pengguna untuk mengidentifikasi aplikasi yang mencurigakan.

Halaman Selanjutnya
img_title