Hati-Hati! 12 Aplikasi Android Ini Berpotensi Sadap WhatsApp Kamu!

12 Aplikasi Android Berbahaya yang Bisa Sadap WhatsApp
Sumber :
  • Istimewa

GadgetWhatsApp, si pembawa kabar seru dan rahasia, telah menjadi teman setia untuk terhubung dengan keluarga, teman, dan rekan kerja.

WhatsApp Luncurkan Fitur Autentikasi Passkey Untuk Pengguna iOS

Percakapan di dalamnya seringkali bersifat pribadi, membuat penggunanya berharap agar tidak ada yang tahu selain si pengirim dan penerima pesan.

Tapi, dunia semakin canggih dan tak terelakkan, banyak cara curang bermunculan untuk mengintip percakapan di WhatsApp. Inilah yang membuat banyak orang merasa tidak nyaman.

Cara Download GB WhatsApp Apk 2024 Pro v 17.85

Suatu hal yang baru-baru ini terungkap oleh perusahaan keamanan siber, Eset, yang berhasil mengidentifikasi 12 aplikasi Android bermasalah yang memiliki potensi untuk menyadap pesan WhatsApp.

Aplikasi-aplikasi ini membawa serta Trojan jarak jauh yang dikenal sebagai Vajra Spy. Keahliannya luar biasa, mulai dari mencuri log panggilan dan pesan, mengendalikan kamera dari jarak jauh, hingga mengekstrak rincian obrolan di WhatsApp.

Cara Menyadap WhatsApp Melalui Chrome di HP, Tak Perlu Aplikasi Tambahan

Tak hanya itu, trojan ini juga bisa mencegat notifikasi, merekam penekanan tombol pada ponsel korban, dan bahkan mengambil alih mikrofon untuk merekam suara. Para pelaku menggunakan metode social engineering untuk menarik perhatian calon korban.

Menariknya, ini bukanlah kasus pertama bagi Vajra Spy. Sebelumnya pada tahun 2022, laporan dari Broadcom telah melaporkan keberadaannya.

Halaman Selanjutnya
img_title