Waspada! Robot Mainan yang Punya Kamera dan Mikrofon

Kids and robot
Sumber :
  • Unpslash

GadgetRobot mainan anak yang dibekali dengan kamera dan mikrofon ternyata harus diwaspadai. Pasalnya, fitur tersebut dapat dijadikan akses oleh para peretas untuk bisa mengintai anak-anak.

5 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Tampil Slay Ala Idol K-Pop Korea

Peneliti Kaspersky mengungkap jika ada kemungkinan besar peretas mengambil kendali sistem mainan dan menyalagunakannya untuk berkomunikasi secara diam-diam dengan anak-anak tanpa izin orang tua. Dari sini, peretas bisa mengambil informasi sensitif, termasuk lokasi rumah.

Robot Android yang dirancang untuk anak-anak biasanya dilengkapi dengan kamera video dan mikrofon internal. Teknologi ini memanfaatkan kecerdasan buatan atau AI untuk mengenali dan berinteraksi dengan anak-anak berdasarkan nama dan menyesuaikan responsnya berdasarkan suasana hati anak, serta secara bertahap mengenal mereka seiring berjalannya waktu.

10 Top Token AI dan Big Data Project Wajib Pantau di Halving Bitcoin 2024

Ilustrasi robot dan anak

Photo :
  • Unsplash.com

Untuk menjelajahi potensi mainan secara maksimal, orang tua diharuskan mengunduh aplikasinya ke perangkat seluler mereka. Melalui aplikasi ini, orang tua dapat memantau perkembangan aktivitas belajar anak bahkan melakukan panggilan video dengan anak melalui robot.

ChatGPT Kini Lebih Cerdas dan Cepat, Tapi Hanya untuk Pengguna Berbayar

Selama pengaturan awal, orang tua diinstruksikan untuk menghubungkan mainan tersebut ke jaringan Wi-Fi, selanjutnya menghubungkannya ke perangkat seluler mereka, kemudian memberikan nama dan usia anak. Selama fase ini, para ahli Kaspersky telah menemukan masalah keamanan yang mengkhawatirkan: API (Application Programming Interface) yang bertanggung jawab untuk meminta informasi ini tidak memiliki penegakan otentikasi, sebuah langkah yang mengonfirmasi siapa yang dapat mengakses sumber daya jaringan Anda. 

Hal ini berpotensi memungkinkan penjahat dunia maya untuk mencegat dan mengakses berbagai jenis data – termasuk nama anak, usia, jenis kelamin, negara tempat tinggal, dan bahkan alamat IP mereka – dengan menyadap dan menganalisis lalu lintas jaringan. Terlebih lagi, kelemahan ini memungkinkan penjahat dunia maya mengeksploitasi kamera dan mikrofon robot, melakukan panggilan langsung ke pengguna, tanpa melewati otorisasi yang diperlukan dari akun wali. 

Halaman Selanjutnya
img_title