Waspada! Film Nominasi Oscar Jadi Modus Phishing

Ilustrasi hacker
Sumber :
  • Unsplash.com

Gadget – Perayaan ke-96 Academy Awards atau Piala Oscar telah tiba, tetapi meskipun usianya yang sudah cukup matang, minat terhadap kompetisi film Hollywood ini tetap menggebu. Setiap tahun, penggemar tak henti-hentinya menyimak nominasi-nominasi yang diumumkan, namun sayangnya, popularitasnya juga menarik perhatian penipu online yang tak segan menggunakan nama besar tersebut untuk kepentingan mereka.

871 WNI Terkena Dampak Penguntitan Stalkerware

Pada tanggal 10 Maret 2024, pemberian Piala Oscar berlangsung di Amerika Serikat. Oppenheimer memuncaki daftar dengan mengantongi 13 nominasi, sementara Poor Things dan Killers of the Flower Moon menyusul dengan 11 dan 10 nominasi masing-masing. Namun, di balik antusiasme penggemar, para penipu online sudah siap mengintai dengan berbagai triknya.

Para peneliti di Kaspersky menemukan bahwa penipu sering kali membuat situs web phishing yang menjanjikan akses gratis ke film-film pemenang. Tanpa curiga, banyak penonton yang berharap menonton karya-karya terbaik, dan inilah yang dimanfaatkan oleh penipu. Namun, alih-alih mendapatkan akses film, korban malah kehilangan data pribadi mereka.

Kaspersky Catat 709 Juta Serangan Phishing di 2023, Naik 40%

Ilustrasi hacker

Photo :
  • Unsplash.com

Beberapa modus operandi yang sering digunakan oleh penipu online antara lain:

  1. Situs Web Streaming Palsu. Penipu menciptakan situs streaming palsu yang menawarkan film-film secara gratis. Pengguna diminta untuk mendaftar dan memberikan informasi kartu kredit mereka. Namun, setelah mengisi data pribadi, pengguna tidak mendapatkan akses ke film yang dijanjikan, melainkan justru memberikan data pribadi mereka kepada penipu.
  2. File Palsu dan Iming-iming Unduhan Film. Beberapa situs menawarkan berbagai opsi pengunduhan untuk film tertentu, tetapi saat pengguna mengklik tautan, tidak ada pengunduhan yang dimulai. Sebaliknya, mereka dialihkan ke halaman lain yang penuh dengan penipuan, seperti iming-iming hadiah palsu atau penipuan finansial. Terjerat dalam halaman-halaman semacam itu dapat mengakibatkan kehilangan data pribadi dan kerugian finansial.
Waspada! Robot Mainan yang Punya Kamera dan Mikrofon

Kaspersky merekomendasikan agar pengguna meningkatkan kewaspadaan mereka terhadap tautan yang diberikan oleh penipu. Beberapa langkah yang dapat diambil adalah:

Halaman Selanjutnya
img_title