Puncak Arus Mudik Serta Tips Hindari Macet saat Mudik Lebaran!

Puncak Arus Mudik Serta Tips Hindari Macet saat Mudik Lebaran!
Sumber :
  • Jasa Marga

Gadget Lebaran 2024 tinggal menghitung hari. Bagi perantau yang ingin mudik ke kampung halaman di Jawa Tengah dari utara Jawa Barat, arus mudik diprediksi akan padat, terutama pada Jumat-Sabtu ini.

Cara Membuat Sticker WhatsApp untuk Lebaran 2024 via HP dan PC

Kasubdit Uji Tipe Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Yusuf Nugroho menjelaskan, bahwa Kemenhub memprediksi puncak arus mudik Lebaran tahun ini akan terjadi pada H-4 dan H-2 Lebaran, yaitu pada tanggal 6 dan 8 April 2024 dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2024).

Dilansir dari Instagram Official akun milik Jasamarga 2 April 2024 lalu, dikabarkan bahwa Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada hari Sabtu, 6 April 2024. Sementara, puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada hari Senin, 15 April 2024.

Rekomendasi 3 Ponsel Poco Buat Ngabisin THR, Hape Baru, Alhamdulillah!

Erma Yuliana, peneliti dari Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN, menganalisis data dari Satellite-based Disaster Early Warning System (SADEWA) untuk memberikan tips mudik aman bagi para pemudik.

Erma menyarankan pemudik untuk memulai perjalanan dari tengah malam hingga sebelum jam 11 pagi pada hari Jumat.

Fenomena Langka: Dua Gerhana Hiasi Langit Ramadan 2024 Ini, Benarkah Bakal Kiamat?

Hal ini untuk menghindari puncak hujan di Jawa Barat tengah dan selatan yang diprediksi terjadi antara jam 11 pagi hingga 6 sore.

Jika terpaksa harus mudik setelah jam 11 pagi, Erma menyarankan untuk memilih jalur mudik di Jawa Barat bagian utara, karena kemungkinan hujannya lebih kecil dibandingkan wilayah tengah dan selatan.

Halaman Selanjutnya
img_title