Cara Mengecek Ponselmu Terlacak Pinjol Ilegal Atau Tidak

Benarkah Pinjol Ilegal Bisa Melacak Lokasi Kita? Waspada Jika Nekat Galbay!
Sumber :
  • Google Maps

Gadget – Di era digital, pinjaman online (pinjol) menjadi solusi keuangan bagi banyak orang. Namun, di balik kemudahannya, pinjol ilegal menyimpan bahaya tersembunyi, salah satunya pelacakan lokasi nasabah.

Pixel 9 Mengadopsi Sensor Fingerprint Samsung Galaxy S24?

Benarkah pinjol ilegal bisa melacak lokasi kita? Jawabannya, ternyata bisa.

Pinjol ilegal tidak terikat aturan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan kerap menyalahgunakan akses data pribadi yang mereka peroleh saat proses pengajuan pinjaman. Data lokasi ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti:

  • Mengintimidasi nasabah: Debt collector pinjol ilegal dapat mendatangi langsung nasabah yang menunggak pembayaran, menimbulkan rasa terancam dan tidak aman.
  • Menyebarkan informasi pribadi: Data lokasi dapat dijual ke pihak ketiga, berisiko penyalahgunaan data pribadi dan pelanggaran privasi.
  • Membuat jebakan: Debt collector dapat mengetahui aktivitas dan keberadaan nasabah, berpotensi menjebak mereka dalam situasi berbahaya.
iPhone 15 Mulai dari Rp 9 Jutaan di Juli 2024!

Bagaimana cara mengetahui jika pinjol ilegal melacak lokasi kita?

Berikut beberapa tanda yang perlu diwaspadai:

  • Aplikasi pinjol meminta akses lokasi yang tidak relevan: Jika aplikasi pinjol meminta akses lokasi saat proses pendaftaran, perhatikan apakah akses tersebut benar-benar diperlukan untuk layanan pinjol.
  • Notifikasi mencurigakan: Perhatikan notifikasi dari aplikasi pinjol yang menunjukkan lokasi Anda secara real-time.
  • Debt collector mengetahui keberadaan Anda: Jika debt collector pinjol ilegal mengetahui keberadaan Anda tanpa Anda memberitahukan, waspadalah!
Halaman Selanjutnya
img_title
Redmi 12 Punya Saingan Berat, Realme C67 Sedang Turun Harga 500 Ribu di Juli 2024!