Ketika BSSN Berkunjung ke Kantor Pusat Kaspersky di Zurich

Perwakilan BSSN dan Kaspersky
Perwakilan BSSN dan Kaspersky
Sumber :
  • Kaspersky

Gadget – Kaspersky menyambut baik kunjungan resmi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Indonesia ke Pusat Transparansi pertamanya di Opfikon, Swiss pada hari Rabu.  Kunjungan tersebut dilakukan untuk mempererat kesinambungan kerjasama yang telah terjalin antara perusahaan keamanan siber global dengan BSSN selaku regulator yang bertanggung jawab atas perlindungan sistem informasi di Indonesia.

Pusat Transparansi Kaspersky di Zurich adalah yang pertama dibuka perusahaan pada tahun 2018, dan sebelumnya telah menjadi tuan rumah bagi delegasi penting secara global.  Ini adalah pertama kalinya perwakilan pejabat tinggi dari Indonesia mengunjungi Pusat Transparansi perusahaan di Swiss.

Dibangun untuk memungkinkan mitra terpercaya dan pemangku kepentingan pemerintah yang bertanggung jawab atas keamanan siber meninjau kode perusahaan, pembaruan perangkat lunak, dan aturan deteksi ancaman, fasilitas di Zurich adalah bagian dari jaringan global Pusat Transparansi Kaspersky.

Selain Pusat Transparansi di Zurich, hingga saat ini perusahaan telah membuka Pusat Transparansi di Kuala Lumpur (Malaysia), Madrid (Spanyol), Roma (Italia), São Paulo (Brasil), Singapura, Tokyo (Jepang), Utrecht (Belanda), dan Woburn (Amerika Serikat).

Kaspersky adalah penyedia keamanan siber pertama yang menawarkan kepada pelanggan dan mitranya wawasan teknis yang langka tentang praktik keamanan siber dan kode sumber solusi konsumen dan enterprise andalannya, dan tetap menjadi satu-satunya vendor keamanan siber yang menjalankan program transparansi penuh, yaitu Inisiatif Transparansi Global. 

Kunjungan perwakilan BSSN dipimpin oleh Luki Hermawan sebagai Wakil Kepala, dan menyertakan pejabat seperti Dono Indarto, Kepala Strategi Keamanan Siber dan Kripto;  Sulistyo, Direktur Strategi Keamanan Siber dan Kripto;  dan Adi Nugroho, Direktur Manajemen Risiko, Pusat Data dan TI;  dan Senja Putra Sundara, Tim Operasi Keamanan Siber dan Kripto.

Kunjungan BSSN ke pusat transparansi Kaspersky dilakukan setelah pertemuan antara perusahaan keamanan siber dan BSSN yang dipimpin oleh Wakil Kepala BSSN Bapak Luki Hermawan, pada tanggal 7 Juni 2022, dengan Genie Sugene Gan, Head of Public Affairs untuk wilayah Asia Pasifik dan Timur Tengah, Turki dan Afrika  di Kaspersky.

Selain itu, juga sebagai bentuk upaya dalam mendukung MoU BSSN sebelumnya dengan Kaspersky, di mana kedua belah pihak telah berjanji untuk bekerja sama di antaranya dalam berbagi informasi dan peningkatan kapasitas.