Inilah Perbedaan Pemerintahan Yunani dan Romawi Kuno!

Inilah Perbedaan Pemerintahan Yunani dan Romawi Kuno!
Sumber :
  • Medium

Gadget – Sejarah Yunani dan Romawi Kuno diwarnai dengan transformasi politik yang luar biasa.

Sejarah Awal Mula Julius Caesar Menjadi Diktator Romawi Kuno

Dimulai dari kepemimpinan raja-raja, kedua peradaban ini menjelajahi berbagai bentuk pemerintahan, termasuk oligarki, demokrasi, dan republik, sebelum akhirnya kembali ke sistem monarki, meskipun dalam bentuk yang berbeda.

Di Athena, raja-raja pada awalnya memegang kendali. Namun, seiring waktu, sistem ini digantikan oleh oligarki, di mana sekelompok kecil orang elit memerintah. Era ini kemudian digantikan oleh demokrasi, di mana rakyat memiliki suara dalam pengambilan keputusan melalui pemungutan suara.

Mengapa Kekaisaran Caligula Disebut Era Paling Gila Dalam Sejarah Romawi?

Meskipun demokrasi di Athena melahirkan kemajuan dalam seni, filsafat, dan ilmu pengetahuan, perpecahan internal dan pertempuran antar negara-kota melemahkan Yunani.

Hal ini membuka jalan bagi penaklukan oleh Makedonia di bawah kepemimpinan Alexander the Great dan kemudian Kekaisaran Romawi.

Ternyata Ini Cara Meramal Masa Depan yang Digunakan Bangsa Romawi Zaman Dulu, Beberapa Agak Nyeleneh

Di Roma, para raja juga mendominasi pada masa-masa awal. Namun, terinspirasi oleh sistem pemerintahan lain, mereka menghapus monarki dan mendirikan Republik Romawi.

Sistem ini menggabungkan unsur demokrasi, di mana rakyat memiliki perwakilan dalam Senat, dengan oligarki, di mana Senat memegang kekuasaan legislatif yang signifikan, dan elemen monarki, dengan konsul yang bertindak sebagai kepala negara.

Halaman Selanjutnya
img_title