Fakta Genghis Khan yang Tiduri Banyak Wanita: Sebabkan Jutaan Orang Warisi DNA-nya Hingga Kini

Fakta Menarik: Genghis Khan yang Tiduri Banyak Wanita, Sebabkan Jutaan Orang Warisi DNA-nya Hingga Kini
Sumber :
  • Canva

Gadget – Pada tanggal 18 Agustus 1227, Genghis Khan, Kaisar Mongolia, meninggal dunia. Penguasa Mongol dari abad ke-12 ini terkenal karena kejayaannya dalam menguasai beberapa wilayah besar di dunia.

Cara Terbang Tinggi Tanpa Jetpack di Sakura School Simulator

Menurut artikel dari Universitas Bangka Belitung, Genghis Khan atau yang juga dikenal dengan nama-nama lain seperti Jenghis Khan, Jinghis Khan, Chinghiz Khan, Chinggis Khan, dan Changaiz Khan, sebenarnya memiliki nama asli Temujin, yang kadang dieja Temuchin atau TiemuZhen. Ia lahir pada tahun 1162 dan wafat pada 18 Agustus 1227.

Genghis Khan berasal dari Mongolia dan merupakan seorang ketua militer yang berhasil menyatukan bangsa Mongolia. Ia mendirikan Kekaisaran Mongolia dengan menaklukkan sebagian besar wilayah di Asia, termasuk utara Tiongkok (Dinasti Jin), Xia Barat, Asia Tengah, Persia, dan Mongolia.

Panduan Lengkap Membangun Rumah Boneka di Sakura School Simulator: Mudah dan Praktis

Penerusnya kemudian memperluas kekaisaran ini menjadi yang terluas dalam sejarah manusia. Selain itu, dia juga merupakan kakek dari Kubilai Khan, penguasa Dinasti Yuan di Tiongkok.

Kehidupan Awal Genghis Khan

Genghis Khan dilahirkan dengan nama Temujin sekitar tahun 1162, sebagai anak sulung dari Yesgei, ketua suku Kiyad (Kiyan). Nama keluarganya adalah Borjigin (Borjigid). Nama Temujin diberikan sesuai nama ketua musuh yang berhasil dikalahkan ayahnya. Khan lahir di daerah pegunungan Burhan Haldun, dekat sungai Onon dan Herlen.

OPPO Reno12 5G vs Reno12 F 5G: Pilih Mana untuk Performa Terbaik dan Harga Terjangkau?

Ibunya, Holun, berasal dari suku Olkhunut. Kehidupan mereka yang nomaden mirip dengan penduduk Turki di Asia Tengah. Pada umur 9 tahun, Temujin dijodohkan dengan Borte, putri dari suku Onggirat.

Halaman Selanjutnya
img_title