5 Alutsista Rahasia yang Digunakan untuk Memperkuat Pertahanan Indonesia

Pertahanan Udara Indonesia
Sumber :
  • Militer Indonesia

Gadget –  Indonesia terus memperkuat kemampuan militernya dengan melakukan pembelian Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) terbaru. Beberapa di antaranya adalah produk baru, sementara lainnya merupakan barang bekas pakai yang masih memiliki kemampuan optimal. Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, secara tegas menyatakan bahwa tanpa pertahanan yang kuat, kekayaan Indonesia akan terus diincar oleh negara lain. Berikut ini adalah enam Alutsista yang telah dibeli oleh Prabowo untuk memperkuat pertahanan militer Indonesia.

10 Negara dengan Militer Terkuat di Asia 2024: Indonesia Peringkat Berapa?

1. C-130-J-30 Super Hercules A-1339
Indonesia baru-baru ini menerima pesawat C-130-J-30 Super Hercules A-1339 yang dipesan dari Amerika Serikat. Pesawat ini memiliki kemampuan untuk mengangkut hingga 128 orang pasukan dan kargo seberat 19,9 ton, menjadikannya alat transportasi yang sangat efektif dalam misi militer. Super Hercules juga mampu terbang selama 11 jam nonstop, yang memungkinkan pesawat ini menjangkau seluruh wilayah Indonesia tanpa harus mengisi ulang bahan bakar.

Pesawat ini adalah satu dari lima unit yang dipesan oleh pemerintah Indonesia. Pesawat lainnya dijadwalkan tiba bertahap hingga Januari 2024. Dengan kecepatan hingga 660 kilometer per jam, pesawat ini dirancang untuk dapat beroperasi dari landasan yang kasar, menjadikannya sangat fleksibel untuk digunakan di berbagai medan.

Top 10 Negara dengan Militer Terkuat: Indonesia Bikin Bangga!

C-130#hercules

2. Kapal Perang Fregat Kelas FREMM
Prabowo juga telah menyetujui pembelian kapal perang fregat kelas FREMM dari Italia. Fregat ini diproduksi oleh Fincantieri dan merupakan bagian dari kerjasama antara Prancis dan Italia. Kapal ini memiliki panjang 140 meter dan lebar 20 meter, serta dapat menampung hingga 108 perwira dan awak kapal.

10 Cara Mudah Agar Burung Murai Batu Cepat Gacor

Fregat FREMM dipersenjatai dengan berbagai sistem rudal canggih, termasuk rudal anti-kapal dan sistem pertahanan udara. Selain itu, kapal ini dilengkapi dengan sonar yang mampu mendeteksi kapal selam musuh dan radar multifungsi yang dapat mengendalikan tembakan rudal. Dengan kemampuan ini, fregat kelas FREMM menjadi salah satu kapal perang paling canggih yang dimiliki oleh Angkatan Laut Indonesia.

fregat#fremm

Halaman Selanjutnya
img_title