Rekor Terpecahkan! Investor Ramai-Ramai Masuk ke Bitcoin ETF AS, Catat Rekor 18 Hari Berturut-turut

Rekor Terpecahkan! Investor Ramai-Ramai Masuk ke Bitcoin ETF AS, Catat Rekor 18 Hari Berturut-turut
Sumber :
  • Marketwatch

Gadget – Para investor tampaknya tengah kembali melirik Bitcoin sebagai peluang investasi yang menarik. Hal ini terlihat dari rekor terpanjang aliran masuk bersih (inflow) dana investor ke Bitcoin exchange-traded funds (ETF) di Amerika Serikat.

Dikutip dari Cointribune, selama 18 hari berturut-turut, terhitung hingga Kamis kemarin, total 11 spot Bitcoin ETF di AS mengalami peningkatan kepemilikan.

Aliran masuk bersih tercatat mencapai $217,78 juta. Dana ini terutama mengalir deras ke IBIT, produk ETF milik BlackRock, yang menjadi pemimpin tren ini.

Menurut data dari SoSoValue, IBIT, yang merupakan spot Bitcoin ETF terbesar berdasarkan nilai aset bersih, berhasil menarik dana investor sebesar $350 juta pada hari Kamis.

ETF lainnya, seperti yang dikelola oleh Fidelity dan VanEck, juga mengalami peningkatan kepemilikan meski jumlahnya tidak sebesar IBIT.

Namun, tidak semua spot Bitcoin ETF mengalami tren positif. Ark Invest's ARKB justru mengalami aliran keluar bersih (outflow) sebesar $96,6 juta, menandakan adanya investor yang menarik dananya dari ETF tersebut.

Hal serupa terjadi pada GBTC milik Grayscale, yang baru saja dikonversi, dengan outflow sebesar $37,5 juta. Bitwise's BITB pun mengalami outflow sebesar $3 juta. Sementara itu, lima spot Bitcoin ETF lainnya, termasuk BTCO milik Invesco, tidak mengalami perubahan kepemilikan pada hari Kamis.