Cuma Modal Suara dan Video? Google Lens Kini Makin Pintar Cari Info!

Cuma Modal Suara dan Video? Google Lens Kini Makin Pintar Cari Info!
Sumber :
  • Blog Andarilho

Gadget – Google terus berinovasi dengan memperkenalkan kemampuan baru di Google Lens yang kini memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian menggunakan suara dan video.

Pengumuman ini disampaikan pada acara I/O 2024, dan kini fitur-fitur tersebut mulai diimplementasikan di platform Android dan iOS melalui program eksperimental Search Labs.

Bagaimana Cara Kerja Pencarian dengan Video?

Fitur pencarian video di Google Lens memanfaatkan model khusus bernama Gemini. Pengguna cukup menekan lama tombol rekam, kemudian mengajukan pertanyaan terkait objek yang sedang direkam.

Misalnya, saat merekam ikan di akuarium, kamu bisa bertanya, “Mengapa ikan ini berenang bersama?” dan Google Lens akan memberikan penjelasan langsung menggunakan AI dari Gemini.

Pencarian Suara: Baru Tersedia untuk Bahasa Inggris

Selain video, fitur pencarian menggunakan suara kini juga tersedia. Namun, untuk saat ini, fitur ini baru mendukung pertanyaan dalam bahasa Inggris. Kamu bisa bertanya langsung kepada Google Lens dengan menekan lama ikon mikrofon dan hasil pencarian akan muncul berdasarkan pertanyaan yang diajukan.