Fitur Rahasia Windows 11: Recall AI, Antara Inovasi dan Privasi!

Fitur Rahasia Windows 11: Recall AI, Antara Inovasi dan Privasi!
Sumber :
  • antaranews.com

Gadget – Microsoft kembali menunda peluncuran fitur kontroversialnya, Recall AI. Awalnya dijadwalkan hadir pada Juni lalu, fitur ini kini baru akan bisa dicoba oleh para pengguna Windows Insider pada bulan Oktober mendatang. Apa sebenarnya Recall AI ini dan mengapa peluncurannya terus tertunda?

Recall AI: Mesin Waktu di Windows Anda

Nothing OS 2.6: Update Besar-besaran, Performa Makin Gacor!

Recall AI adalah fitur yang memanfaatkan kecerdasan buatan untuk mengambil tangkapan layar hampir seluruh aktivitas di komputer Anda.

Bayangkan memiliki mesin waktu pribadi yang merekam setiap langkah Anda di depan layar. Dengan Recall AI, Anda bisa mencari kembali dokumen, gambar, atau bahkan website yang pernah Anda buka dengan mudah.

Kekhawatiran Privasi Menghadang

Samsung Galaxy AI: AI untuk Semua, Tapi Tetap Utamakan Privasi

Namun, di balik keunggulannya, Recall AI juga memicu kekhawatiran terkait privasi. Beberapa peneliti keamanan menemukan bahwa data yang dikumpulkan oleh fitur ini tidak dienkripsi dengan baik, sehingga berpotensi disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Menanggapi hal ini, Microsoft melakukan sejumlah perbaikan. Mulai Oktober nanti, Recall AI akan menjadi fitur opsional yang harus diaktifkan secara manual oleh pengguna.

Halaman Selanjutnya
img_title
Cek Daftar Lengkap Smartphone yang Sudah Mendapatkan Update Android 15 hingga September 2024