Samsung Fold dan Flip Seri Lama Dapat Update Android 12L, Watch4 Juga

Galaxy Z Fold
Sumber :
  • Foto: Istimewa

Gadget – Para pemilik Samsung lipat model lama, yakni Galaxy Z Fold dan Z Flip 1, 2, dan 3, telah mendapatkan kesempatan untuk memperbaharui software perangkat ke versi baru. Demikian juga untuk pengguna Galaxy Watch4.

Samsung Siap Tantang iPad dengan Galaxy Tab S10? Ini Bocorannya!

Sebelumnya kita telah melihat perangkat Samsung Galaxy Z Fold4 dan Flip4 telah merasakan lebih dahulu OS terbaru berupa Android 12 dan 12L (yang diperuntukkan bagi perangkat dengan layar besar). Kini, kedua versi Android itu akan bisa diadopsi oleh perangkat Samsung mode lama, termasuk user interface terbaru buatan Samsung sendiri, One UI 4.1.1.

Ini artinya, pembaruan sistem operasi Android 12L akan hadir di model lama Galaxy Z Fold 3, Z Fold 2 dan generasi awal. Sedangkan Flip generasi lama berbasis 5G akan dibekali pembaruan Android 12.

Bocoran Samsung Galaxy S25 Ultra: Desain Lebih Tipis dan Dibekali Kamera 200MP!

Hal ini disebut sebagai kabar baik bagi pengguna smartphone lipat Samsung karena Android 12L memiliki banyak fitur yang mengesankan. Secara spesifik seperti taskbar yang muncul setiap kali kita membuka sebuah aplikasi. taskbar ini membuat Fold terasa seperti perangkat andalan multitasking yang lengkap, memungkinkan akses cepat ke aplikasi lain, seperti yang kita dapatkan saat menggunakan desktop.

Bocoran desain Samsung Galaxy Fold4

Photo :
  • Let
Samsung Galaxy Watch Ultra: Tahan Suhu Ekstrem, Tekanan 10 ATM, dan Berenang di Laut

Sedangkan Z Flip, di sisi lain, tidak dimaksudkan untuk menjadi perangkat multitasking, tetapi bukan berarti tidak bisa. Pembaruan ini secara tidak langsung membawa peningkatan kontrol kamera pada cover screen (layar kecil di cangkang depan), termasuk opsi baru untuk pengaturan cepat di layar mungil tersebut.

OS 3.5 bisa digunakan di Galaxy Watch 4

Halaman Selanjutnya
img_title