Chip Baru Qualcomm Snapdragon 8s Gen3: Kekuatan Canggih untuk Smartphone Masa Depan

Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3
Sumber :
  • Qualcomm

GadgetQualcomm Technologies, Inc. baru saja mengumumkan peluncuran Snapdragon 8s Gen 3 Mobile Platform, membawa kemampuan paling dinantikan dari seri 8 ke lebih banyak smartphone Android unggulan.

Motorola Bangkitkan Kembaran Moto X Legendaris dengan Panel Kayu di Seri Edge 50 Ultra

Platform premium terbaru ini menawarkan fitur-fitur canggih seperti dukungan untuk AI generatif on-device, ISP always-sensing, gaming mobile yang realistis, konektivitas terbarukan, dan kompresi audio lossless high-definition.

Chris Patrick, Senior Vice President dan General Manager of Mobile Handset di Qualcomm Technologies, Inc., menyebut platform ini mendukung berbagai model AI termasuk large language models (LLM) terkenal seperti Baichuan-7B, Llama 2, dan Gemini Nano.

ZTE Nubia Flip 5G: Ponsel Lipat Premium Termurah di Pasaran

"Dengan kemampuan AI generatif on-device dan fitur fotografi canggih, Snapdragon 8s Gen 3 dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam mendorong kreativitas dan produktivitas sehari-hari," ungkap Chris.

Snapdragon 8s Gen 3 akan diadopsi oleh beberapa OEM, termasuk Honor iQOO, realme, Redmi, dan Xiaomi, dengan perangkat pertama yang ditenagai oleh chip ini diharapkan meluncur pada bulan Maret 2024.

Qualcomm Perkuat Dominasi SoC Mid-Range, Redmi Note 14 Pro Jadi Andalan?

Dari segi spesifikasi, Snapdragon 8s Gen 3 menampilkan kemampuan yang paling diantisipasi dari seri 8 untuk smartphone Android unggulan. Chip ini dibangun dengan proses 4 nm dengan konfigurasi inti 1+4+3.

Ada satu Prime ARM Cortex X4 dengan clock 3,0 GHz, empat core Performance (2,8 GHz), dan tiga core Efficiency (2,0 GHz). Ini berbeda dari 1+5+2 8 Gen 3 yang menukar inti efisiensi dengan inti kinerja lainnya.

Halaman Selanjutnya
img_title