Alasan Samsung Masih Mendominasi Pasar Smartphone Global

Samsung Galaxy S25, Fitur Inovatif
Sumber :
  • samsung

GadgetSamsung masih memimpin penjualan smartphone pada kuartal pertama 2024 seperti yang telah dilakukannya dalam beberapa tahun terakhir, namun bukan karena kecerdasan buatan atau kelemahan iPhone dari Apple.

Samsung Galaxy Ring: Temukan Solusi Diet Cerdas untuk Kesehatan Anda!

Terdapat data penjualan smartphone terbaru untuk kuartal tersebut dengan Samsung menduduki posisi puncak, dikumpulkan dan dirilis oleh pengawas saluran di Canalys. Berita baik untuk seluruh pasar adalah bahwa penjualan smartphone di seluruh dunia tumbuh 10% secara tahunan terutama karena ekspansi pasar yang sedang berkembang, mencapai lebih dari 296 juta unit dalam satu kuartal. Demikian seperti dikutip dari Apple Insider, Rabu, 8 Mei 2024.

Dalam rilis Canalys yang menyertai data tersebut, analis Sanyam Chaurasia menunjukkan dua faktor untuk kesuksesan Samsung. Pertama, S24 diluncurkan sebulan lebih awal dalam kuartal daripada pendahulunya, dengan perusahaan mengirimkan 35% lebih banyak perangkat dalam kuartal tersebut dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini masuk akal, dan tidak terlalu mencolok mengingat memiliki waktu sebulan tambahan untuk melakukannya.

Apple iPhone dan Samsung Galaxy, Mana Paling Laku?

Kedua, analis juga menunjukkan adanya pergeseran "inovasi yang didorong oleh kecerdasan buatan" di pasar, dan kata-kata bombastis dari analis Wall Street tentu setuju dengan itu. Mengingat kenaikan penjualan Samsung dari satu kuartal ke kuartal lainnya efektif linier karena memiliki lebih banyak waktu untuk menjual perangkat dalam satu kuartal, tidak jelas apakah penilaian tersebut akurat atau tidak.

Lintasan data penjualan Apple untuk 2023-2024 paling mirip dengan data 2020-2021, namun dengan puncak yang lebih tinggi baru-baru ini selama kuartal liburan. Perbandingannya sulit dilakukan, mengingat waktu rilis iPhone dan ketersediaan yang bervariasi secara signifikan selama beberapa tahun terakhir.

Apple Pencil Pro vs Apple Pencil 2nd Gen: Mana yang Lebih Baik?

Ada kekhawatiran tentang penjualan iPhone dalam kuartal tersebut dari sumber lain, dan berbagai pihak mengindikasikan bahwa Apple mungkin menghadapi kuartal sulit. Ini telah diawali dalam pengumuman pendapatan bulan Januari, dengan Luca Maestri dan Tim Cook memperingatkan tentang kemungkinan kuartal yang lemah.

Namun, pengambilalihan Samsung dalam penjualan smartphone pada kuartal pertama bukan tanda itu. Seperti yang ditunjukkan data Canalys, persaingan naik-turun antara Apple dan Samsung telah relatif konsisten selama bertahun-tahun.

Halaman Selanjutnya
img_title