2 Gerhana Terjadi Pada Bulan Ramadan Ini

ilustrasi gerhana matahari
Sumber :
  • bmkg.go.id

Gadget – Bulan Ramadan 2024 akan disorot oleh dua fenomena langka, yaitu gerhana Bulan Penumbra dan gerhana Matahari Total. Meskipun tidak bisa disaksikan langsung di Indonesia, ini tetap menjadi momen istimewa bagi umat Islam. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang fenomena langka ini:

Fenomena Langka: Dua Gerhana Hiasi Langit Ramadan 2024 Ini, Benarkah Bakal Kiamat?

Menurut akun @InfoAstronomy, pada Kamis (21/3/2024), Gerhana Bulan Penumbra dijadwalkan akan terjadi pada 25 Maret 2024, diikuti oleh Gerhana Matahari total pada 8 April 2024. Kedua gerhana ini merupakan fenomena kesejajaran objek langit, yaitu Matahari, Bumi, dan Bulan.

Meskipun kedua fenomena ini dilaporkan tidak berpotensi menyebabkan dampak langsung terhadap Bumi, namun mereka memberikan kesempatan langka untuk menyaksikan keindahan alam semesta.

Celah Keamanan Berbahaya Ditemukan di HP Xiaomi, Apa saja?

Tidak hanya itu, keberadaan kedua gerhana ini di bulan Ramadan menjadi lebih istimewa karena kejadian ini sangat langka. Dalam 100 tahun terakhir, hanya terdapat 10 pasang gerhana yang terjadi bersamaan dengan Ramadan.

Namun, sayangnya, kedua gerhana ini tidak dapat disaksikan langsung di Indonesia. Gerhana Bulan Penumbra terjadi saat Indonesia masih siang hari, sementara Gerhana Matahari total terjadi di malam hari.

Apple Luncurkan 5 Fitur AI Generatif Edit Foto di iOS, iPadOS dan macOS

Selama tahun 2024, akan terjadi empat peristiwa gerhana, terdiri dari dua gerhana Matahari dan dua gerhana Bulan. Dua gerhana akan terjadi pada musim semi dan dua gerhana lagi pada musim gugur.

Jadwal gerhana sepanjang tahun 2024 adalah sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya
img_title