Fenomena Langka: Dua Gerhana Hiasi Langit Ramadan 2024 Ini, Benarkah Bakal Kiamat?

Fenomena Langka Dua Gerhana Hiasi Langit Ramadan 2024
Sumber :
  • Gadget VIVA - Istimewa

Gadget – Bulan Ramadan 1445 Hijriah, yang bertepatan dengan tahun 2024 Masehi, akan diwarnai fenomena alam luar biasa: dua gerhana dalam waktu sebulan, yaitu gerhana bulan dan gerhana matahari.

Puncak Arus Mudik Serta Tips Hindari Macet saat Mudik Lebaran!

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menginformasikan bahwa dua gerhana tersebut adalah gerhana bulan penumbra pada 24-25 Maret 2024 dan gerhana matahari total (GMT) pada 8 April 2024.

Gerhana bulan penumbra terjadi saat bulan memasuki bayangan kabur bumi.

2 Gerhana Terjadi Pada Bulan Ramadan Ini

Sementara itu, gerhana matahari total terjadi saat bulan berada tepat di antara bumi dan matahari, sehingga menghalangi cahaya matahari dan menyebabkan bayangan bulan jatuh di bumi.

Meskipun dua gerhana ini merupakan fenomena alam yang menarik untuk disaksikan, sayangnya, kedua gerhana ini tidak dapat diamati di Indonesia dan sekitarnya.

Realme C51s HP 1 Jutaan: Desain Elegan dan Kamera 50MP Ideal untuk Kado Lebaran

Gerhana bulan penumbra hanya akan terlihat di Amerika Utara, Eropa, dan Afrika. Sementara itu, gerhana matahari total hanya akan terlihat di Amerika Utara.

Fenomena dua gerhana dalam satu bulan Ramadan memang jarang terjadi, tetapi bukan berarti pertanda kiamat atau datangnya Imam Mahdi.

Halaman Selanjutnya
img_title