Pemerintah Targetkan Persiapan Digital ID Tuntas Februari 2024

Pemerintah Targetkan Persiapan Digital ID Tuntas Februari 2024
Sumber :
  • UMSU

GadgetPemerintah telah menyiapkan langkah-langkah untuk mengimplementasikan layanan Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau Digital ID. Persiapan program untuk menerapkan digitalisasi dokumen kependudukan tersebut ditargetkan tuntas pada akhir Februari 2024.

Lenovo Tab M11: Tablet Kece untuk Beragam Kebutuhan dengan Fitur Canggih!

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, mengungkapkan bahwa kesiapan teknis terkait implementasi Digital ID telah dilakukan bersama kementerian dan lembaga terkait.

"Diskusi ini telah mengeksplorasi tim teknis antara Kominfo, KemenPANRB, Kemendagri, Peruri, dan BSSN. Tim teknis kami telah menyiapkan rincian kesiapan implementasi, tinggal menunggu persetujuan untuk dieksekusi agar sesuai dengan target," jelasnya dalam Rapat Koordinasi Laporan 9 K/L terkait Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) secara virtual dari Jakarta Pusat.

Vivo V30 Pro 5G: Smartphone Canggih dengan Layar Lengkung dan Kamera 50MP

Menteri Budi Arie menekankan bahwa penerapan Digital ID perlu memperhatikan aspek regulasi sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik beserta perubahannya, serta Peraturan Presiden tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Kami ingin mengingatkan bahwa terkait Digital ID ini, kami akan berpegang pada regulasi yang diatur oleh UU ITE dan Perpres mengenai SPBE," katanya.

Duel Smartphone 5G Harga 3 Jutaan: Oppo A78 5G vs Samsung Galaxy A23 5G, Mana yang Layak Dipilih?

Menkominfo menjelaskan bahwa hadirnya Digital ID akan memberikan nilai tambah dalam peningkatan layanan publik dan memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat melalui pilihan teknologi canggih.

"Agar kami dapat memberikan layanan yang prima dan aman dengan standar teknologi yang tinggi. Sekali lagi, yang penting Digital ID ini memiliki regulasi sendiri yaitu UU ITE dan Perpres SPBE yang juga harus menjadi acuan," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title