Google Foto Menghadirkan Ask Photos: Chatbot AI Cerdas untuk Pencarian Gambar

Google Foto Menghadirkan Ask Photos
Sumber :
  • google

GadgetGoogle Foto mengalami peningkatan mengejutkan pada sesi keynote acara Google I/O 2024, dengan diluncurkannya Ask Photos, sebuah chatbot cerdas bertenaga AI, untuk memfasilitasi pencarian gambar tertentu di perpustakaan pengguna.

HP EliteBook Ultra & OmniBook Laptop Bertenaga AI Resmi Dirilis: Ini Spesifikasi dan Harganya!

Dalam acara tersebut, CEO Sundar Pichai menyoroti bahwa Google sedang menciptakan pengalaman pencarian yang lebih canggih menggunakan kemampuan Gemini. Google Foto adalah salah satu platform pertama yang mendapatkan keuntungan dari kemampuan AI ini. Sebelum pembaruan, alat AI di Google Foto hanya dapat memahami kata kunci dasar dan subjek tertentu. Namun, dengan hadirnya Ask Photos, proses pencarian menjadi lebih mudah dan intuitif.

Ask Photos didukung oleh Gemini dan disesuaikan sebagai mesin pencari yang dapat memahami perintah bahasa alami. Ini mampu membaca dan memahami sejumlah besar foto berdasarkan subjek, latar belakang, dan metadata digital. Dengan Ask Photos, pengguna dapat melakukan pencarian dengan perintah seperti "Tunjukkan foto terbaik dari setiap taman nasional yang saya kunjungi", dan Google Foto akan menampilkan hasilnya dengan cepat dan akurat.

Lenovo YOGA Air 14c Resmi Rilis, Notebook Flip 360 Derajat: Simak Spesifikasi dan Harganya!

Lebih dari sekadar pencarian, Ask Photos juga dapat menjawab pertanyaan berdasarkan informasi yang ditemukan dalam foto. Misalnya, pengguna dapat bertanya tentang tema pesta kantor, dan AI akan memberikan informasi yang relevan, bahkan hingga warna baju yang dipakai oleh orang-orang dalam gambar. Selain itu, AI juga dapat membuat sorotan perjalanan baru-baru ini dengan menyarankan gambar-gambar teratas dan menulis teks yang dipersonalisasi untuk masing-masing gambar.

Meskipun menggunakan data pribadi dan sensitif pengguna untuk melatih Ask Photos, Google menekankan bahwa data tersebut tidak akan digunakan untuk tujuan periklanan. Privasi data pengguna tetap menjadi fokus utama, dengan Google menegaskan bahwa percakapan dan data pribadi dalam Ask Photos hanya akan diperiksa jika ada masalah penyalahgunaan atau keamanan. Data ini juga tidak akan digunakan untuk melatih produk AI di luar Google Foto.

Dapatkan informasi terbaru seputar Gadget, Anime, Game, Tech dan Berita lainnya setiap hari melalui social media Gadget VIVA. Ikuti kami di :
Instagram@gadgetvivacoid
FacebookGadget VIVA.co.id
X (Twitter)@gadgetvivacoid
Whatsapp ChannelGadget VIVA
Google NewsGadget
OPPO Reno12 Pro 5G: Perpaduan Sempurna Antara Gaya dan Teknologi!