UMKM Kentang Mustofa di Bekasi Andalkan 4G Telkomsel untuk Kembangkan Bisnis

Ratih, anak Bu Amah yang juga pendiri UMKM Kentang Mustofa
Sumber :
  • Istimewa

Gadget – Para pebisnis mengakui jika data internet dan kecepatan jaringan cukup mempengaruhi perkembangan bisnis mereka. Tidak heran jika mereka pun tak pernah bisa berhenti berkutat dengan ponselnya untuk menerima order dan memesan jasa kurir.

Deretan Smartphone yang Sudah Support eSIM di Indonesia

Ratih dan Bu Amah sejatinya merupakan pendatang di Rawa Lumbu. Mereka pindah dari rumah lama mereka di Jakarta Timur ke Bekasi pada 2014. Kala itu, Ratih bercerita, wilayah ini belum tersentuh teknologi 4G. Sehari-hari mereka hanya bisa menelepon melalui layanan GSM berbasis 3G, bahkan masih banyak yang pakai 2G.

“Sejak pakai 4G, berasa banget apa-apa kerjaan cepet kelarnya. Dulu usaha Kentang Mustofa ini juga dibikin karena memang kita pengen punya usaha rumahan. Terima order dari WhatsApp, langsung kirim pakai kurir ojek online kalau deket. Kalau jauh, ya pakai jasa logistik lain. Tapi kan tetep ngelacaknya butuh internet. Berasa banget sih cepetnya (jaringan 4G),” kata Ratih.

Samsung Galaxy A34 5G: HP dengan Fitur Power Saving, Spesifikasi dan Update Harga Terbaru Juli 2024!

Dulu mereka hanya menjajakan Kentang Mustofa ini hanya di sekitar rumah dan saudara-sadara terdekat. Namun sekarang, sejak Bu Amah beralih ke 4G, pasaran mereka mulai meluas. Bahkan tetangga lama di Jakarta Timur kerap repeat order. Sayangnya, mereka belum memanfaatkan toko online di ecommerce-ecommerce ternama. Pasalnya, orderan dari WhatsApp sudah membuat kewalahan, ditambah Ratih yang masih bekerja. Tidak mungkin Bu Amah mengelola ini semua sendirian.

“Udah banyaklah dari WhatsApp juga. Insya Allah nanti kita kembangin ke ecommerce, tapi kayaknya belum sekarang. Sesuai kemampuan dan tenaga aja dulu,” kata Ratih.

Jagel: Solusi Digital Inovatif untuk UMKM, Ciptakan Aplikasi Sendiri dan Tingkatkan Penjualan!

UMKM Kentang Mustofa di Bekasi

Photo :
  • Istimewa

Bu Amah menambahkan jika dia cukup kewalahan menangani orderan dari WhatsApp. Meski sendirian, dia sangat menikmati kesibukannya. Apalagi sejak beralih ke 4G, dia bisa melakukan semua dari smartphone-nya. Terima order, pesan ojek online, bahkan menelepon cucu kesayangan yang sedang berkuliah di Undip Semarang, bisa dilakukannya kapan saja.

Halaman Selanjutnya
img_title