Hoaks Pilpres 2024, Kominfo Minta WhatsApp Siapkan Posko Khusus

Menkominfo Budi Arie
Sumber :
  • www.kominfo.go.id

Gadget - Penyebaran hoaks merupakan salah satu ancaman yang dapat mengganggu pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hoaks dapat menimbulkan keresahan di masyarakat dan dapat memengaruhi hasil .

6 Cara Mengelola Kapasitas Memori WhatsApp agar Tidak Penuh

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meminta WhatsApp menyiapkan posko khusus untuk mencegah penyebaran hoaks terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan.

"Kami mengimbau kepada WhatsApp untuk menyiapkan posko khusus untuk menangkal penyebaran hoaks terkait Pilpres 2024," ujar Semuel dalam keterangan resminya, Kamis (16/6/2023).

Whatsapp, Supaya Orang Tak Bisa Chat ke Kita Tanpa Blokir

Menurut Semuel, posko khusus tersebut dapat menjadi wadah bagi WhatsApp untuk menerima laporan dari masyarakat terkait hoaks Pilpres 2024. Selain itu, posko tersebut juga dapat menjadi sarana bagi WhatsApp untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cara mengidentifikasi dan mencegah penyebaran hoaks.

Posko khusus tersebut dapat menjadi wadah bagi WhatsApp untuk menerima laporan dari masyarakat terkait hoaks Pilpres 2024. Selain itu, posko tersebut juga dapat menjadi sarana bagi WhatsApp untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cara mengidentifikasi dan mencegah penyebaran hoaks.

Cara Mengatur WhatsApp Agar Tidak Terlihat Online dan Mengetik, Patut Dicoba!

Semuel menambahkan, Kominfo juga akan terus melakukan pengawasan terhadap penyebaran hoaks di media sosial, termasuk WhatsApp. Jika ditemukan hoaks, Kominfo akan meminta WhatsApp untuk menghapus hoaks tersebut.

"Kami akan terus melakukan pengawasan terhadap penyebaran hoaks di media sosial, termasuk WhatsApp. Jika ditemukan hoaks, kami akan meminta WhatsApp untuk menghapus hoaks tersebut," kata Semuel.

Halaman Selanjutnya
img_title