Riset Omdia: Pengiklan Mulai Jauhi Meta dan YouTube, Dekati TikTok

tiktok
Sumber :
  • Unsplash.com

Gadget – Sebuah riset menyebutkan jika saat ini para pengiklan mulai menjauhi YouTube dan Meta. Mereka disinyalir mulai mendekati TikTok dan menjadikannya sebagai tempat favorit untuk beriklan.

Infinix Raih Peringkat 6 Perusahaan Paling Inovatif menurut Fast Company 2024

Riset yang dilakukan oleh perusahaan bernama Omdia itu juga mengungkap jika pendapatan iklan TikTok akan mampu mengalahkan YouTube dan Meta dalam kurun lima tahun ke depan. Bahkan pada 2027 nanti, gabungan revenue iklan Meta dan YouTube belum bisa menyamai TikTok.

Riset baru dari Omdia menunjukkan bahwa iklan video online akan menghasilkan lebih dari $331 miliar pada tahun 2027 dan 37% dari pendapatan tersebut akan menjadi milik satu perusahaan saja, yaitu TikTok.

Meta Uji Coba Meta AI di WhatsApp: Chatting Semakin Mudah dan Nyaman!

"Pengiklan mulai menjauhi META dan YouTube serta mendekati TikTok untuk menjangkau basis pengikut mereka yang luas," ujar Maria Rua Aguete, Direktur Senior di kelompok latihan Media dan Hiburan Omdia.

"Di Amerika Serikat, TikTok telah menyalip platform media sosial lainnya untuk menjadi tempat terpopuler menonton video. Pelacak kami untuk waktu menonton media sosial menunjukkan bahwa konsumen menghabiskan lebih dari setengah jam di TikTok pada tahun 2022. Bulan lalu, riset kami menunjukkan bahwa TikTok melampaui Netflix menjadi aplikasi terpopuler kedua di AS, dengan hanya YouTube yang mempertahankan mahkotanya untuk penonton berusia kurang dari 35 tahun."

Mark Zuckerberg Melampaui Posisi Elon Musk di 5 Orang Terkaya Dunia

TikTok mencapai masa yang paling menentukan dengan sangat cepat dan menjadi populer di pasar konsumen kalangan muda, demografi yang dicari-cari oleh para pengiklan. Pasar ini secara tradisional sulit dijangkau melalui saluran seperti TV linier tradisional dan jaringan sosial lainnya.

Menurut riset Omdia, sektor ini sedang menuju arah yang positif dengan total pendapatan media global yang diperkirakan akan melampaui satu triliun dolar pada tahun 2027.

Halaman Selanjutnya
img_title