7 Tips Menjaga Keamanan Media Sosial Perusahaan

Aplikasi mobile
Sumber :
  • Unsplash.com

Gadget – Ancaman terhadap media sosial perusahaan (korporat) berkembang dengan sangat cepat seiring dengan keterampilan rekayasa sosial para pelaku kejahatan siber. Terkadang teknik mereka mencapai tingkat tinggi sehingga bahkan administrator jaringan perusahaan yang paham teknologi pun tidak dapat membedakan antara penipuan dan kebenaran. 

Sejarah Password: Dari Militer Romawi hingga Era Digital

Banyak bisnis menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk dan layanan mereka, ancaman ini relevan bagi sejumlah besar perusahaan. Untuk membantu mereka tetap aman, pakar Kaspersky menawarkan saran berikut untuk memitigasi risiko dunia maya yang terkait dengan media sosial pada tahun 2023:

Berhati-hatilah dengan pesan langsung (direct message) dan folder draft, hapus informasi lama yang tidak relevan

871 WNI Terkena Dampak Penguntitan Stalkerware

Perusahaan harus berhati-hati dalam menyimpan informasi sensitif dalam pesan langsung – ini dapat menimbulkan risiko dunia maya. Orang sering menggunakan media sosial perusahaan untuk melakukan penulisan brand, meminta bantuan, menggunakan produk atau layanan pemegang akun. Selain itu, beberapa kemitraan, seperti dengan blogger, dapat dinegosiasikan melalui pesan langsung. Terkadang informasi pribadi atau keuangan dibagikan selama percakapan ini, yang dapat tetap berada di folder pesan lama setelah melakukan interaksi. Jika ada pelanggaran yang memungkinkan penjahat dunia maya mendapatkan akses tidak sah ke akun, data sensitif dapat bocor atau digunakan untuk meluncurkan serangan.

Untuk menghindari risiko ini, biasakan untuk menghapus pesan yang tidak relevan saat percakapan selesai dan informasi di dalamnya tidak lagi relevan. Hal yang sama berlaku untuk posting – Ada baiknya meninjau dengan cermat apa yang disimpan di folder draft dari waktu ke waktu.

Kaspersky Catat 709 Juta Serangan Phishing di 2023, Naik 40%

Meninjau postingan lama untuk meminimalkan risiko reputasi

Kekuatan reputasi berkembang: setiap kata, tindakan, dan keputusan dapat membantu atau bahkan merusak citra perusahaan. Segala sesuatu yang dipublikasikan secara online juga sangat kritikal dalam keamanan dunia maya: ketika informasi sensitif (kembali) muncul di depan umum, hal itu hampir selalu berakhir dengan rusaknya reputasi perusahaan dan dapat menimbulkan kerugian finansial. 

Halaman Selanjutnya
img_title