Google dinyatakan bersalah oleh Hakim dalam Kasus Antimonopoli di AS

Google Dinyatakan Bersalah oleh Hakim dalam Kasus Antimonopoli di AS
Sumber :
  • LinkendIn

Gadget – Baru-baru ini, raksasa mesin pencari Google menghadapi salah satu keputusan hukum terbesar dalam sejarah teknologi.

10 Fitur Tersembunyi Google Maps yang Harus Anda Ketahui untuk Navigasi Lebih Mudah

Pada Senin (5/8), Hakim Distrik AS Amit Mehta memutuskan bahwa Google secara ilegal mengeksploitasi dominasinya untuk menghancurkan persaingan dan menghambat inovasi.

Ini adalah keputusan monumental yang dihasilkan dari persidangan hampir satu tahun yang mempertemukan Departemen Kehakiman AS dengan Google dalam pertarungan antimonopoli terbesar di Amerika Serikat dalam seperempat abad.

Google Pixel 9 Pro XL vs. Samsung Galaxy S24 Ultra: Duel Smartphone Terbaik Tahun Ini

Hakim Mehta, dalam putusan setebal 277 halaman, menyimpulkan bahwa Google telah memonopoli pasar dan bertindak untuk mempertahankan monopolinya.

Keputusan ini didasarkan pada tinjauan mendalam terhadap banyak bukti, termasuk kesaksian dari para eksekutif Google, Microsoft, dan Apple selama 10 minggu waktu persidangan tahun lalu.

Pixel 9 Pro XL vs. Galaxy S24 Ultra: Pilih Mana untuk Smartphone Terbaik di 2024?

"Setelah mempertimbangkan dengan hati-hati, dan menimbang kesaksian saksi dan bukti, pengadilan mencapai kesimpulan berikut: Google melakukan monopoli, dan ia bertindak demikian untuk mempertahankan monopolinya," tulis Mehta.

Ini merupakan kemunduran besar bagi Google dan induknya, Alphabet Inc. Perusahaan ini selalu berargumen bahwa popularitasnya adalah hasil dari keinginan konsumen yang luar biasa untuk menggunakan mesin pencari yang unggul dalam segala hal, hingga menjadi sinonim dengan pencarian online.

Halaman Selanjutnya
img_title