Q3 2022, Mie Instant dan Pupuk Paling Dicari di Tokopedia

Tokopedia olahraga
Tokopedia olahraga
Sumber :
  • Tokopedia

Gadget – Pencarian produk di Tokopedia ternyata mengalami peningkatan di wilayah-wilayah tertentu. Yang menarik, setiap tahunnya ada saja produk baru yang menjadi incaran pengguna. Di kuartal ketiga tahun ini, Mie Instant dan Pupuk diklaim sebagai yang paling dicari di ecommerce hijau itu.

Dikatakan External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, rumah tangga, makan dan minuman serta kesehatan masih menjadi beberapa kategori yang paling dicari masyarakat. Sepanjang tiga bulan ke belakang, pupuk menjadi produk rumah tangga yang banyak dicari.

"Pada kategori Rumah Tangga, benih/bibit tanaman, keran air dan pupuk menjadi sejumlah produk yang paling banyak diburu. Sedangkan di kategori Makmin, mie instan, susu bubuk serta biskuit dan wafer adalah produk yang paling sering dibeli. Di kategori Kesehatan, masker, obat herbal dan vitamin menjadi beberapa produk yang paling laris," ujar Rizky, dalam keterangan resminya, Jumat, 30 September 2022.

Tokopedia juga masih menggencarkan inisiatif berpendekatan Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-tagging, untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat.

Melalui inisiatif Hyperlocal, Tokopedia juga mencatat beberapa tren pada kuartal III 2022 dibanding periode yang sama di 2021:

  1. Wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi: Banyuasin (Sumatra Selatan), Lombok Barat (Nusa Tenggara Barat) dan Balikpapan (Kalimantan Timur),
  2. Wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi: Muaro Jambi (Jambi), Jenepoto (Sulawesi Selatan), dan Mappi (Papua Selatan).

Ekosistem Tokopedia untuk memenuhi kebutuhan market syariah

Di sisi lain, Tokopedia melalui Tokopedia Salam terus berupaya menghadirkan ekosistem untuk memenuhi kebutuhan market syariah dengan menghadirkan produk, fitur dan layanan yang baik dan amanah. 

Purworejo (Jawa Tengah), Tulungagung (Jawa Tengah), dan Kotawaringin Barat (Kalimantan Barat) merupakan beberapa daerah yang mengalami peningkatan jumlah pembeli paling tinggi di Tokopedia Salam. 

Masih berkaitan dengan Tokopedia Salam, pada subkategori Fesyen Muslim, beberapa produk yang paling diburu masyarakat mencakup hijab segi empat, baju koko pria, gamis wanita, manset dan hijab instan. Sedangkan di subkategori Perlengkapan Ibadah, mukena, tasbih, sajadah, baju ihram dan sarung menjadi sejumlah produk yang paling laku.

“Fitur pembayaran zakat, wakaf dan donasi menjadi beberapa fitur yang paling banyak digunakan masyarakat lewat Tokopedia Salam sepanjang kuartal III 2022,” tutup Rizky.