Percepat Kinerja Chromebook, MediaTek Siapkan Kompanio

MediaTek Kompanio
Sumber :
  • Istimewa

Gadget – MediaTek menghadirkan chipset Kompanio baru untuk Chromebook; yaitu Kompanio 520 dan Kompanio 528. Dengan kinerja komputasi dan masa pakai baterai yang telah ditingkatkan untuk Chromebook entry level.

Daftar HP Terbaru Juli 2024 Harga 1-2 Jutaan, Fitur & Spesifikasi Terbaru!

Chipset Kompanio terbaru ini menghadirkan pengalaman yang mulus sehingga konsumen dapat menjelajah, bermain cloud game, streaming, dan menggunakan aplikasi Google Play sambil menikmati masa pakai baterai yang awet sepanjang hari.

“Efisiensi daya yang ditingkatkan, kinerja cepat, serta konektivitas andal adalah esensi dari pengalaman pengguna yang luar biasa, dan itulah yang benar-benar dihadirkan oleh cipset Kompanio dari MediaTek,” ujar PC Tseng, General Manager dari Unit Multimedia Business di MediaTek.

Vivo Y28s 5G: Mendapatkan Sertifikasi NCC, Simak Bocoran Spesifikasinya!

“Sebagai perusahaan penyedia Chromebook berbasis Arm No. 1, MediaTek membuat fitur AI, konektivitas, tampilan, fitur pencitraan terbaru dapat diakses di setiap titik harga," ujar Tseng.

Baik Kompanio 520 maupun Kompanio 528 memadukan dua inti CPU Arm Cortex-A76 premium di dalam sebuah CPU octa-core, serta mesin grafis dual-core yang ditingkatkan, untuk menghadirkan kinerja yang halus dan responsif. Arm Cortex-A76 core pada Kompanio 520 beroperasi hingga 2GHz dan beroperasi hingga 2.2 GHz pada Kompanio 528, sembari mengoptimalkan daya tahan baterai di saat yang sama sehingga pengguna dapat bertahan lebih lama di antara pengisian baterai.

Xiaomi 11T: Smartphone Flagship Killer dengan Dimensity 1200, Layar 120Hz, dan Kamera 108MP

CPU octa-core yang kuat dikombinasikan dengan opsi memori dan opsi penyimpanan yang sangat efisien memberikan peningkatan kinerja throughput data sehingga kemampuan multitasking menjadi mudah dan pengguna dapat melakukan proses booting dalam hitungan detik. Setiap cipset mengintegrasikan unit pemrosesan AI (APU; AI Processing Unit) dual-core guna menghadirkan peningkatan AI yang dipercepat ke aplikasi, bersama dengan fitur kamera AI. Selain itu, para produsen dapat menggabungkan solusi Filogic Wi-Fi 6 MediaTek dengan cipset Kompanio untuk konektivitas yang cepat dan andal saat pengguna melakukan streaming dan cloud gaming.

Dengan sejumlah peningkatan prosesor pencitraan generasi berikutnya, cipset Kompanio baru ini memungkinkan pembuat perangkat membuat Chromebook dengan kamera 32MP besar untuk pengambilan gambar yang sangat detail. Didukung oleh mesin pencitraan perangkat keras MediaTek, cipset ini bekerja di belakang layar untuk menyempurnakan fotografi dan video secara otomatis, bahkan dalam kondisi cahaya redup. Mesin multimedia yang ditingkatkan mencakup decoding VP9 dan encoding H.265 untuk kinerja dua kali lebih cepat dan HiFi-5 DSP khusus untuk pemrosesan mikrofon audio berdaya sangat rendah. Cipset ini juga mendukung perekaman video Full HD 60fps untuk konferensi video tanpa hambatan.

Halaman Selanjutnya
img_title