Sepanjang 2023 Terdapat 50 Juta Ancaman Siber di RI

Ilustrasi Cyber Attack
Sumber :
  • ilustrasi

Gadget – Perusahaan keamanan siber Rusia, Kaspersky, menemukan lebih dari 50 juta percobaan ancaman lokal dari serangan siber terhadap pengguna perangkat di Indonesia. Apa penyebabnya?

871 WNI Terkena Dampak Penguntitan Stalkerware

Kaspersky, dalam pernyataan resminya, menyatakan bahwa perkembangan kebijakan bawa perangkat sendiri (BYOD) di dalam negeri menciptakan tantangan tersendiri. BYOD yang populer dalam beberapa tahun terakhir ini menciptakan garis batas yang kabur antara pekerjaan dan kehidupan pribadi banyak karyawan di perusahaan.

Kebijakan ini membuat karyawan sering menggunakan perangkat pribadi untuk terhubung ke jaringan perusahaan, yang dapat menyebabkan ancaman keamanan yang serius jika perangkat tersebut tidak dilindungi dengan baik terhadap serangan siber.

Kaspersky Catat 709 Juta Serangan Phishing di 2023, Naik 40%

"Data terbaru Kaspersky pada tahun 2023 di Indonesia menunjukkan lebih dari 50 juta percobaan ancaman lokal. Data ini didapat dari ringkasan ancaman triwulanan yang dikumpulkan dari pengguna sukarela yang menggunakan Jaringan Keamanan Kaspersky (KSN)," kata Kaspersky, Rabu (21/2).

Menurut Kaspersky, terdapat 51.261.542 ancaman lokal yang terdeteksi sepanjang 2023. Secara keseluruhan, 41,1 persen pengguna mengalami serangan ancaman lokal sepanjang tahun lalu.

Waspada! Film Nominasi Oscar Jadi Modus Phishing

Namun, angka tersebut turun 9,21 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022, yang mencapai 56.463.262 deteksi.

"Data ini juga menempatkan Indonesia di peringkat ke-66 secara global," kata Kaspersky.

Halaman Selanjutnya
img_title