Laju Transformasi Telkomsel Menjadi Digital Telco Terbesar di Indonesia

Telkomsel 5G
Sumber :
  • Foto: Telkomsel

Gadget – Selama dua tahun berlalu, pandemi telah membuat semua orang menyadari pentingnya hidup secara digital. Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi yang berpengalaman selama lebih dari seperempat seperembat abad, menyadari tumbuh pesatnya digitalisasi di kehidupan masyarakat Indonesia. Inilah yang kemudian membuat perusahaan telekomunikasi terbesar di tanah air ini melangkah lebih maju dan bertransformasi menjadi perusahaan digital telco.

Telkomsel Menghadirkan Pembayaran Tol Tanpa Tap In Kartu Elektronik

Data Hootsuite melalui laporan We Are Social, lebih dari 90 persen masyarakat Indonesia sudah mengenal internet. Tepatnya, sekira 204,7 juta pengguna internet di Indonesia tahun 2022. Angka tersebut setara dengan 73,7% dari populasi penduduk Indonesia. Dalam setahun terakhir terjadi peningkatan 2,1 juta pengguna internet dibanding tahun sebelumnya. 

Dalam laporan tersebut juga terungkap jika dari 277 juta 277, juta populasi di Indonesia, sebagian mereka memiliki 2 perangkat mobile. Bahkan sebanyak 191,4 juta orang disebut aktif di media sosial. Bayangkan, rata-rata orang Indonesia menghabiskan lebih dari separuh hari untuk mengakses internet. Satu orang disinyalir menghabiskan waktu selama 8 jam 36 menit mengakses internet, atau hampir 3 jam menonton televisi dan streaming. Rata-rata orang Indonesia juga menghabiskan 3 jam 17 menit untuk berinteraksi di media sosial, hampir 2 jam dihabiskan untuk membaca berita online, mendengarkan musik streaming, mendengarkan podcast hampir satu jam sehari, dan bermain game selama lebih dari satu jam sehari.

Telkomsel Siapkan Infrastruktur Jaringan untuk Pemilu Serentak 2024

Telkomsel Ekosistem Digital

Photo :
  • Sarie/Gadgetdiva.id

Ini membuktikan jika semakin lama masyarakat menghabiskan waktu mereka di ponsel, berkutat dengan aplikasi dan platform yang membuat hidup mereka semakin mudah dan nyaman. Inilah yang menjadi salah satu motivasi  membuat Telkomsel kemudian memutuskan untuk mengakselerasi penyediaan beralih menjadi perusahaan penyedia layanan digital lifestyle. Upaya mereka pun tidak tanggung-tanggung karena pada dasarnya Telkomsel sudah memiliki basis pelanggan yang besar dan infrastruktur yang mumpuni. 

Telkomsel dan Google Merilis Layanan Terbaru: RCS dan RBM, Transformasi SMS ke Level Berikutnya

Berikut ini transformasi digital yang telah dilakukan oleh Telkomsel dalam perannya komitmennya sebagai menjadi connectivity enabler yang mendampingi masyarakat di setiap fase kehidupan agar semua dapat terus bergerak maju dengan ragam produk dan layanan yang customer centric dengan dukungan konektivitas digital berteknologi terdepan. 

Pemerataan Jaringan 4G LTE Infrastruktur Telkomsel dan USO 3T

Dimulai sejak 1995 hingga sekarang, Telkomsel terus berupaya untuk memperluas cakupan, menambah kapasitas, dan meningkatkan kualitas jaringan. Komitmen dalam membangun negeri telah ditunjukkan melalui penyelenggaraan lebih dari 255.000 base transceiver station (BTS), termasuk di antaranya 204.900 BTS broadband yang mampu menghadirkan layanan 3G dan 4G LTE yang telah menjangkau 96% wilayah populasi masyarakat dan melayani lebih dari 159 169,7 juta pelanggan.

Upaya mendukung pemerataan layanan ke seluruh pelosok tanah air pun makin mantap melalui pembangunan BTS Universal Service Obligation (USO) bersama dengan BAKTI Kominfo. BTS USO hadir sebagai bentuk komitmen Telkomsel untuk menggelar jaringan telekomunikasi yang menjangkau setiap jengkal wilayah Indonesia hingga ke wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) untuk semakin memperluas yang saat ini berjumlah sekitar 1.158 BTS USO dan telah terkoneksi dengan jaringan 4G LTE. saat ini total BTS yang sudah dihadirkan oleh Telkomsel lebih dari 260.000.Selain itu, Telkomsel juga menggelar BTS Telkomsel Merah Putih (Menembus Daerah Pedesaan, Industri Terpencil dan Bahari) sebagai perwujudan komitmen pemerataan pembangunan infrastruktur telekomunikasi. Hingga 2022 jumlah BTS Telkomsel Merah Putih telah mencapai 230 BTS, yang terdiri dari BTS 2G dan 4G/LTE.

Halaman Selanjutnya
img_title