OCBC NISP Akuisisi Bank Commonwealth Senilai Rp 2,2 T, Konsolidasi Industri Perbankan Indonesia

Bank Commonwealth
Sumber :
  • channelnews

Gadget - PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP) telah mengukuhkan kesepakatan dengan Commonwealth Bank of Australia dalam perjanjian Sale and Purchase Agreement (SPA) untuk mengakuisisi 99 persen PT Bank Commonwealth senilai Rp 2,2 triliun.

CEO Indodax Yakin Transaksi Kripto di 2024 Naik Berlipat-lipat

Penandatanganan kesepakatan tersebut, yang dilakukan pada Kamis (16/11), menjadi tonggak penting dalam strategi perbankan OCBC NISP dalam mendukung konsolidasi industri perbankan Indonesia.

Dua direktur OCBC, Hartati dan Lili S Budiana, menjelaskan bahwa akuisisi ini mendukung program arsitektur dan konsolidasi perbankan di Tanah Air serta bertujuan untuk mengembangkan bisnis perseroan.

Inflasi Februari Capai 2,75 Persen, Dampak Naiknya Harga Beras hingga Rokok

Setelah proses akuisisi selesai, OCBC NISP akan langsung memiliki 99 persen saham Bank Commonwealth, menjadikannya anak usaha terkendali dari NISP.

OJK Mulai Berlakukan Pengawasan di Industri Kripto Awal Januari 2025

"Estimasi nilai transaksi adalah Rp 2,2 triliun, dan nilai tersebut akan disesuaikan sesuai dengan ketentuan dalam perjanjian," ungkap mereka dalam keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis (16/11).

Rencana akuisisi ini masih memerlukan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), dan pemenuhan kondisi lainnya. Setelah akuisisi berhasil, Bank Commonwealth akan diintegrasikan ke dalam struktur OCBC Indonesia.

Halaman Selanjutnya
img_title