TikTok "Follow Me" Dukung UMKM Kembangkan Komunitas dan Bisnis

Ilustrasi TikTok
Ilustrasi TikTok
Sumber :
  • Olivier Bergeron/Unsplash

Gadgetviva – Platform video pendek TikTok baru saja memperkenalkan "Follow Me". Ini adalah sebuah program global multi-channel yang bertujuan untuk membangun kesadaran dan membantu UKM di Asia memanfaatkan kekuatan TikTok guna mendorong kesuksesan bisnis.

Program yang berdurasi selama enam minggu ini akan dimulai pada akhir Juni hingga awal Agustus. Program TikTok Follow Me akan membekali UKM dengan informasi, tips, dan wawasan dari sesama pengguna di dalam platform mengenai perjalanan bisnis mereka di TikTok. Dengan kata lain, Follow Me akan memandu UKM yang hendak menuangkan cerita mereka ke dalam video kreatif sekaligus membangun komunitas mereka di dalam platform.

Menurut  Esme Lean, Head of Small and Medium Businesses, TikTok APAC, para pemilik bisnis UKM dituntut untuk memainkan banyak peran demi keberlangsungan bisnisnya – mulai dari menjadi seorang CEO, kepala pemasaran, hingga menjadi tetangga yang ramah sekaligus pilar fondasi untuk mendukung rekan sejawatnya.

"Kami memahami bahwa para pelaku bisnis UKM memiliki banyak peran dan tanggung jawab, dan program Follow Me akan membekali UKM dengan pengetahuan dan pemahaman yang mereka butuhkan untuk digunakan secara efektif sebagai daya ungkit maksimal pertumbuhan bisnisnya,” ujar Esme Lean (30/06).

Program TikTok Follow Me 

Dengan ekosistem kreator dan komunitas yang berlapis dan masif di dalam platform, program TikTok Follow Me akan membantu UKM untuk bertemu dengan konsumennya. Seperti pengguna atau komunitas di TikTok yang menemukan brand baru dan menginformasikan brand tersebut kepada orang lain. 

Untuk membantu para UKM mengakses sumber daya guna mengawali perjalanan mereka di TikTok, kami membuat laman pembuka (splash page) khusus pada tanggal 7 Juli yang berisi tutorial dari UKM yang berada di wilayah Asia.