Ekspansi ke Indonesia, Exotel India Gabung ke ICXP

ICXP Sri Safitri
Sumber :
  • Istimewa

Gadget – Asosiasi yang berisi para profesional untuk pengalaman kustomer di Indonesia, Indonesia Customer Experience Professionals (ICXP), kedatangan anggota baru. Mereka adalah Exotel, yang berasal dari India. Exotel bergabung ke ICXP usai berinisiatif memperluas dan menjangkau pasar negara berkembang, terutama di kawasan Asia-Pasifik. 

Shivakumar Ganesan, Co-Founder dan CEO, Exotel, mengatakan bahwa langkah ini ditempuh karena Indonesia adalah negara kunci bagi Exotel, yakni pasar terbesar kedua tempat dimana perusahaan beroperasi. 

"Bermitra dengan ICXP merupakan tonggak utama dalam perjalanan Exotel dengan Indonesia, karena memungkinkan peningkatan kolaborasi untuk memajukan manajemen keterlibatan pelanggan di Indonesia,"  katanya dalam keterangan pers.

Exotel adalah penyedia platform keterlibatan pelanggan atau Customer Engagement Platform (CEP) yang lengkap dan terkemuka di pasar berkembang dan berfokus layanan virtual operator telekomunikasi dan start up. Didirikan pada tahun 2011, layanan mereka telah melibatkan 50 juta interaksi dari lebih 6000 perusahaan di India, Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Afrika. 

Saat ini, beberapa perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di pasar negara berkembang menjadi customer mereka. Seperti Ola, Swiggy, Flipkart, GoJek, Byju's, Urban Company, HDFC Bank, Zomato, Oyo, dan lainnya. 

Shivakumar melanjutkan, setelah gabung ICXP, pihaknya berencana berencana mendirikan kantor di Jakarta dalam 1 tahun ke depan. Hal ini perlu karena berbagi ikatan budaya, sejarah, dan perjalanan Indonesia harus terus dilakukan guna meningkatkan skala digital perusahaan secara eksponensial. 

 “Apalagi era experience economy sekarang dengan cepat mengubah strategi organisasi karena membuat pengalaman pelanggan berfungsi lebih penting dari sebelumnya. Apalagi persaingan semua industri maki meningkat. Kami berharap kerjasama dengan ICXP ini, maka akan mudah bagi kami mempromosikan praktik terbaru dan terbaik dalam manajemen pengalaman pelanggan,” katanya.