Tokopedia : Trend Belanja Tokopedia Sepanjang 2023, Produk Digital Naik 7 Kali Lipat
- Tokopedia
Gadget –Hingga saat ini, e-commerce terus menjadi solusi belanja yang praktis dan terjangkau, menjadi pilihan utama bagi konsumen. Menurut laporan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, jumlah pengguna e-commerce di Indonesia mencapai 179 juta pada tahun 2022, dan diprediksi akan meningkat menjadi 196 juta pada tahun 2023.
Bank Indonesia juga memproyeksikan nilai transaksi e-commerce di Indonesia hingga akhir tahun 2023 dapat mencapai Rp572 triliun.
Aditia Grasio Nelwan, Head of Communications Tokopedia, menjelaskan bahwa selama tahun 2023, terutama dalam periode Januari hingga September, sejumlah kategori produk menjadi sangat diminati oleh konsumen Tokopedia.
Kategori-kategori tersebut melibatkan produk Rumah Tangga dan Groceries, termasuk Makanan dan Minuman, serta Kecantikan dan Perawatan Tubuh.
Berdasarkan pertumbuhan aktivitas di Tokopedia, peningkatan jumlah penjual dan transaksi terlihat di berbagai wilayah di Indonesia. Contohnya, wilayah seperti Sampang (Jawa Timur), Barito Kuala (Kalimantan Selatan), dan Tanggamus (Lampung) mengalami peningkatan jumlah penjual hampir 1,5 kali lipat.
Aditia menambahkan, "Beberapa wilayah dengan pertumbuhan transaksi tertinggi mencakup Maluku Barat Daya (Maluku), Yahukimo (Papua), dan Lombok Utara (Nusa Tenggara Barat), dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat. Pada tahun 2023, pengiriman terjauh dilaporkan dari Banda Aceh ke Merauke untuk produk jersey dan celana sepeda."
Dalam kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh, produk-produk seperti parfum, cologne, essential oil, dan minyak pijat menjadi terlaris di Tokopedia, dengan peningkatan transaksi lebih dari 2 kali lipat.
Tokopedia Beauty juga menawarkan berbagai produk kecantikan dan perawatan tubuh dengan flash sale mulai dari Rp10.000.
Sementara itu, dalam kategori Rumah Tangga, produk-produk seperti alat kebersihan, pengharum ruangan, dan perlengkapan pesta mengalami peningkatan transaksi tertinggi, dengan rata-rata kenaikan mencapai 2,5 kali lipat.
Aditia menekankan, "Tokopedia hadir dengan Home Living Inspiration untuk mempermudah masyarakat mendapatkan berbagai produk rumah tangga dengan diskon hingga 90%."
Di sisi lain, Tokopedia juga mencatat pertumbuhan yang signifikan dalam transaksi produk digital sepanjang tahun 2023.
Produk-produk seperti pembayaran pajak daerah, e-invoicing, serta layanan internet dan TV mengalami peningkatan transaksi rata-rata lebih dari 7 kali lipat.
Dapatkan informasi terbaru seputar Gadget, Anime, Game, Tech dan Berita lainnya setiap hari melalui social media Gadget VIVA. Ikuti kami di : | |
---|---|
@gadgetvivacoid | |
Gadget VIVA.co.id | |
X (Twitter) | @gadgetvivacoid |
Whatsapp Channel | Gadget VIVA |
Google News | Gadget |