Rafael Struick Ungkap Perbedaan Mencolok Bermain di Belanda dan Indonesia, Ini Alasannya!

Rafael Struick Ungkap Perbedaan Mencolok Bermain di Belanda dan Indonesia, Ini Alasannya!
Sumber :
  • PSSI

GadgetRafael Struick, salah satu pemain naturalisasi Timnas Indonesia, akhirnya buka suara mengenai perbedaan mencolok yang ia rasakan saat bermain di Belanda dan Indonesia. Pemain kelahiran Zoetermer, Belanda ini memang memiliki darah Indonesia dari neneknya yang berasal dari Semarang.

Pemain Ini 'Terbuang' di Tangan Shin Tae-yong, Tapi 'Bersinar' di Bawah Indra Sjafri! Siapa Saja?

Dalam sebuah wawancara di kanal YouTube LeMinerale, Rafael berbagi pengalaman tentang perbedaan atmosfer sepak bola antara kedua negara, terutama soal dukungan penggemar. Rafael yang kini bermain untuk Brisbane Roar FC di Australia ini mengakui bahwa ia merasakan perbedaan besar dari segi antusiasme suporter.

Pengalaman Bermain di Belanda dan Indonesia

Saat ditanya oleh Aurelie Moeremans mengenai perubahan yang ia rasakan ketika bermain di Belanda dan Indonesia, Rafael menjawab dengan jujur. Menurutnya, pengalaman bermain di dua negara ini sangat berbeda, terutama dari sudut pandang budaya sepak bola dan dukungan suporter.

Shin Tae-yong Coret Justin Hubner dan Sandy Walsh, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Jadi Pengganti?

"Saya tumbuh besar di Belanda, jadi tentunya saya memiliki pengalaman berbeda dibandingkan dengan Indonesia," ujar Rafael. Di Belanda, sepak bola memang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Namun, ada sesuatu yang unik di Indonesia yang tidak ia temukan di Eropa.

Antusiasme Suporter di Indonesia Jadi Sorotan

Salah satu hal paling mencolok yang Rafael Struick rasakan saat bermain di Indonesia adalah antusiasme para suporter. Ia mengaku sangat terkesan dengan besarnya dukungan yang diberikan penggemar sepak bola tanah air. Suporter di Indonesia, menurutnya, menunjukkan cinta dan semangat yang sangat luar biasa.

Halaman Selanjutnya
img_title
5 Daftar Pemain Asia Tenggara Termahal, 4 dari Timnas Indonesia