Kemenkominfo Berkomitmen Hadirkan Konektivitas Andal Untuk Sukseskan Pemilu 2024

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi
Sumber :
  • Kominfo

Gadget – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menegaskan komitmennya untuk menyediakan konektivitas telekomunikasi yang andal guna mendukung dan menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024.

Waspada Misinformasi! Google Batasi Jawaban Gemini AI tentang Pemilu

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan bahwa selain berkoordinasi dan menjalin kerja sama dengan penyelenggara telekomunikasi, langkah konkret juga dilakukan melalui pemantauan yang dilakukan oleh Direktorat Jendral Pos dan Pengendalian Informatika.

"Seiring rangkaian Pemilu 2024, Direktorat Jendral Pos dan Pengendalian Informatika rutin melakukan pengukuran Quality of Service (QOS) di 514 kabupaten atau kota dan titik strategis lainnya untuk memonitor kualitas layanan broadband dalam rangka mendukung pemilu 2024," ujar Budi dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR RI di Jakarta pada hari Rabu.

Ingin Cek Data Real Count KPU Pemilu 2024? Temukan Linknya Di Sini!

Khususnya, Kementerian Kominfo berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memastikan jaringan telekomunikasi yang digunakan dapat dioptimalkan, terutama saat kampanye dan penghitungan suara.

Dengan pengoptimalan jaringan, diharapkan koordinasi antara kantor-kantor daerah KPU dan Bawaslu dapat berjalan lebih lancar, memudahkan pelaporan, serta mempercepat penyelesaian kendala jika terjadi.

Solusi Jika Belum Dapat Undangan Pemilu 2024: Cek TPS dan DPT Online!

"Soal kualitas jaringan telekomunikasi ini kami berupaya, khususnya saat waktu penghitungan suara, karena itu sangat krusial. Jangan sampai terjadi masalah seperti pada 2009, di mana pengumuman penghitungan suara terhenti," ungkap Budi.

Selain kerja sama terkait konektivitas telekomunikasi, Kementerian Kominfo juga mengajak para penyelenggara telekomunikasi, terutama operator seluler, untuk berpartisipasi dalam kampanye Pemilu Damai 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title