Matahari Bukan Pusat Tata Surya? Menyingkap Rahasia Titik Barycenter

Matahari Bukan Pusat Tata Surya? Menyingkap Rahasia Titik Barycenter
Sumber :
  • NASA

Gadget – Hei teman-teman pengobserver langit malam! Pernahkah kalian penasaran dengan bagaimana planet-planet bergerak mengelilingi Matahari? Biasanya kita melihat diagram atau animasi yang simpel, seperti planet-planet berputar rapi di jalur lingkaran.

5 Rekomendasi Altcoin Wajib Pantau yang Akan Meledak di Bulan April!

Nah, kenyataannya, diagram itu sedikit "bohong". Lebih tepatnya, para ilmuwan memang menyederhanakan gambaran orbit planet agar mudah dipahami. Apalagi kalau yang belajar masih anak-anak yang baru tahu Bumi bukan satu-satunya planet!

Biasanya kita diajarkan bahwa Matahari sebagai pusat tata surya, tempat planet-planet "berputar" dengan patuh. Bayangkan seperti kelereng yang digelindingkan di piringan!

Prabowo Targetkan Kirim 10.000 Anak Belajar Sains: Ambisi Merebut Puncak Teknologi dan Sains

Tapi tahukah kamu? Gravitasi itu menarik dua arah! Sama seperti Bumi yang menarikmu ke bawah, kamu (meski sangat kecil) juga menarik Bumi, meskipun gaya tarikmu jauh lebih lemah.

Objek Terpanas di Alam Semesta Bukan Matahari apalagi Planet, Ilmuwan Temukan ini

Dikutip dari ilfsience.com (17/6/2024), menurut NASA, "Hukum ketiga Kepler menjelaskan hubungan antara massa dua objek yang saling mengorbit dan menentukan parameter orbit."

Artinya, meskipun Matahari adalah objek terbesar di tata surya, dengan massa sekitar 1.048 kali Jupiter, Matahari dan planet saling mempengaruhi lewat gaya tarik menarik.

Halaman Selanjutnya
img_title