Microsoft Investasi Rp25 Triliun, Apa Keuntungan Buat Indonesia!

Microsoft Investasi Di Indonesia
Sumber :
  • microsoft

Gadget – Pada acara Microsoft Build: AI Day Jakarta yang digelar pada Selasa (30/4), Chairman dan CEO Microsoft, Satya Nadella, mengumumkan rencana besar perusahaan untuk menggelontorkan investasi senilai triliunan rupiah di Indonesia. Investasi ini akan difokuskan pada pengembangan infrastruktur cloud dan kecerdasan buatan (AI) di Indonesia.

Nostalgia Windows Phone: Nokia Lumia 920 dengan Iklan Legendaris "Don't Fight. Switch."

Dalam pengumuman tersebut, Satya Nadella menyatakan, “Kami akan menginvestasikan USD1,7 miliar (sekitar Rp25 triliun) selama empat tahun kedepan untuk membangun infrastruktur cloud dan AI di Indonesia.” Hal ini menandai salah satu investasi tunggal terbesar yang pernah dilakukan Microsoft dalam 29 tahun keberadaannya di Indonesia.

Namun, investasi ini tidak hanya berhenti pada pembangunan infrastruktur. Satya Nadella juga menekankan bahwa Microsoft akan menciptakan inisiatif-inisiatif baru untuk membantu mencapai visi Indonesia Emas 2045.

Bocoran Samsung Galaxy S25: Ciptakan Inovasi Baterai AI, Tingkatkan Daya Tahan Hingga 10 Persen!

“Generasi baru AI ini mengubah cara hidup dan bekerja setiap orang di mana pun, termasuk di Indonesia,” kata Satya Nadella. “Investasi yang kami umumkan hari ini – yang mencakup infrastruktur digital, keterampilan, dan dukungan bagi para developer – akan membantu Indonesia untuk terus melaju di era baru ini.”

Satya Nadella juga memberikan kejutan dengan mengumumkan bahwa Microsoft akan memberikan peluang keterampilan AI bagi 2,5 juta orang di negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) hingga tahun 2025. Pelatihan dan dukungan akan diberikan melalui kemitraan dengan pemerintah, organisasi nirlaba, korporat, serta komunitas di Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

OpenAI Luncurkan GPT-4o dengan Fitur Premium dan Performa Lebih Cepat

Komitmen keterampilan Microsoft diharapkan dapat memberikan manfaat bagi 840.000 orang di Indonesia, meliputi:

- Pelatihan Keterampilan AI untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan: Melalui program AI TEACH for Indonesia, siswa akan mendapatkan pelatihan keterampilan AI yang mempersiapkan mereka untuk tuntutan pekerjaan masa depan.
- Peluang Karir di Bidang Keamanan Siber untuk Perempuan: Program Ready4AI and Security akan memberikan kesempatan dan dukungan bagi perempuan untuk membangun karir di bidang keamanan siber.
- Pelatihan Kefasihan AI untuk Generasi Muda dari Komunitas yang Kurang Terlayani: Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan kerja generasi muda dari komunitas yang kurang terlayani dan kurang terwakili.
- Pengetahuan dan Keterampilan di Bidang AI dan Teknologi Digital untuk Karyawan Organisasi Nirlaba: Karyawan organisasi nirlaba akan mendapatkan pelatihan dan dukungan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka di bidang AI dan teknologi digital.

Halaman Selanjutnya
img_title