Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah: TikTok Shop Bikin Merek Lokal RI Terpuruk

TikTok Shop
Sumber :
  • TikTok

Gadget – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia, Teten Masduki, mengungkapkan dampak negatif dari kehadiran TikTok Shop terhadap merek lokal di Indonesia.

Cara Indibiz Telkom Dorong Pertumbuhan UMKM di Bulan Ramadan 2024

Menurutnya, sebelum TikTok Shop menjadi sorotan, merek-merek lokal telah meraih kesuksesan, terutama dalam industri kosmetik yang populer di kalangan anak muda.

Dalam konferensi pers pada Rabu (22/11/2023), Teten menyoroti perlambatan kinerja usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia sebagai dampak dari fenomena TikTok Shop.

Panduan Lengkap Mengaktifkan TikTok Ads untuk Pemula

Pemerintah telah menghentikan operasional TikTok Shop karena dianggap melanggar regulasi, yakni Permendag No.31/2023 yang melarang platform media sosial seperti TikTok berbisnis e-commerce.

"Saat sebelum badai TikTok Shop datang, merek lokal kita sudah sangat populer, terutama dalam industri kosmetik. Anak muda Indonesia telah berhasil menguasai pasar online dengan brand-brand yang inovatif," ujar Teten.

Transaksi Belanja Di Tiktok Capai US$ 10 Milyar di 2023

Teten juga menyoroti keberhasilan brand kosmetik Indonesia, seperti Wardah, yang sebelumnya telah berhasil menguasai pasar Asia.

Namun, kehadiran TikTok Shop di Indonesia mengubah dinamika pasar dengan mempopulerkan produk skincare yang viral di platform tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title